KPU Jateng Mulai Gelar Real Count Jam 3 Sore

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo (kedua dari kanan), saat sosialisasi terkait Pilgub Jateng di Hotel Gets, Semarang, Selasa (26/6/2018). (Solopos - Imam Yuda S.)
27 Juni 2018 09:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) bakal menggelar proses penghitungan suara atau real count pemilihan kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Proses real count dari KPU Jateng itu bakal dimulai Rabu (27/6/2018) sekitar pukul 15.00 WIB atau 3 sore.

Komisioner KPU Jateng, Ikhwanuddin, mengatakan proses pemungutan suara di tiap TPS se-Jateng bakal dimulai pukul 07.00-13.00 WIB.

“Proses penghitungan suara langsung dilakukan tiap TPS dengan menggunakan formulir C dan C1. Formulir itu nanti diserahkan panitia TPS secara berjenjang [melalui kelurahan dan kecamatan] kepada KPU setempat. Dari KPU sudah menyiapkan operator untuk melakukan penghitungan melalui aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng),” jelas Ikhwanuddin saat dijumpai Semarangpos.com di Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran 1A, Kota Semarang, Selasa (26/6/2018).

Ikhwanuddin optimistis proses penghitungan melalui aplikasi Situng bisa dimulai pukul 15.00 WIB. Ia pun meminta masyarakat yang ingin mengetahui hasil penghitungan suara dari KPU itu bisa mengakses di Laman infopilkada.kpu.go.id.

“Prosesnya cukup cepat kok. Soalnya nanti formulir C dan C1 di tiap TPS langsung kita scan dan dikirim ke operator untuk langsung diunggah, supaya masyarakat bisa mengikuti perkembangan penghitungan suara secara up to date,” imbuh Ikhwanuddin.

Ikhwanuddin menambahkan meski melakukan penghitungan suara secara real time, KPU tetap akan melakukan rekapitulasi hasil pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng pada Kamis (28/6/2018).

Terpisah, Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, berharap tidak ada permasalahan teknis yang mengganggu proses penghitungan secara real time melalui aplikasi Situng. Ia pun menargetkan proses real count oleh Situng itu bakal selesai pada hari yang sama dengan hari pemungutan suara, sekitar pukul 24.00 WIB.

“Insya Allah, selama ini Situng belum pernah punya pengalaman down, karena data yang diunggah masuknya satu per satu. Insya Allah akurasinya 99%,” terang Joko.

Selain Situng, proses penghitungan suara secara cepat juga bakal digelar 9 lembaga pelaksana survei atau jajak pendapat. Kesembilan lembaga itu, yakni Indo Barometer, Saiful Mujani Research and Consulting, Raka Institute, Pandawa Research, MNC Televisi Network, Kompas Media Nusantara, Indikator Politik Indonesia, Lingkaran Survei Kebijakan Publik, dan Indonesia Political Marketing (Polmark). 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia