PLN Upayakan Listrik Tak Terganggu saat Pemungutan Suara Pilgub Jateng 2018

ilustrasi PLN. (Antara)
27 Juni 2018 07:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT PLN berkomitmen  mengupayakan tidak ada pemadaman listrik saat pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) sebagai rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018, Rabu (27/6/2018).

"Pada saat record data [rekapitulasi hasil penghitungan suara], kami harapkan aman," kata Manager Area PLN Semarang Donny Adriansyah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/6/2018).

Donny menegaskan bahwa PLN telah menyiapkan sejumlah tim yang berjaga selama proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada berlangsung. "Jika sewaktu-waktu ada kejadian di luar batas kemampuan kami, maka akan segera dilakukan perbaikan," katanya.

Diantisipasi pula hal-hal buruk yang mungkin terjadi dan di luar kemampuan PLN, seperti kecelakaan dan bencana alam. "Bisa saja terjadi truk atau mobil menabrak tiang listrik dan hal tersebut sering terjadi di daerah pantura. Kemudian layang-layang atau pohon roboh yang menimpa kabel listrik, dan lainnya," katanya.

Donny menegaskan bahwa petugas PLN akan melakukan perbaikan kapan saja, siang maupun malam hari demi menjaga kesinambungan pelayanan listrik. "Oleh karena itu, jika kemudian ada gangguan agar secepatnya dilaporkan ke call center PLN 123 atau ke kantor PLN terdekat," katanya.

Donny juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan jika ada pohon yang berada di sekitar rumahnya berdekatan dengan kabel listrik, sehingga petugas PLN datang membersihkan dahan-dahan pohon yang dikhawatirkan mengganggu. "Jangan potong sendiri, tapi laporkan ke PLN dan kami yang akan memotongnya, tanpa dipungut biaya atau gratis," katanya.

Terkait penggunaan listrik, Donny menambahkan bahwa penggunaan siang dan malam hari untuk area Semarang sudah seimbang, pemanfaatan listrik di siang hari untuk kantor dan pabrik sangat baik, sehingga diharapkan dapat mendorong kemajuan ekonomi.

Pilkada di Jateng, selain tingkat provinsi juga akan berlangsung di tujuh kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, dan Kota Tegal. Pemungutan suaranya dijadwalkan serentak pada 27 Juni 2018.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara