Quick Count LSI Denny J.A. Berakhir, Begini Hasil Pilgub Jateng 2018...

Direktur LSKP-LSI Denny J.A., Sunarto Ciptoharjono (kanan), menggelar jumpa pers di Hotel Grand Candi, Kota Semarang, Jateng, Rabu (27/6 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
27 Juni 2018 19:20 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Hasil quick count LSKP-LSI Denny J.A. dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 memenangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 itu mengungguli Sudirman Said dan Ida Fauziyah dengan 58,79% berbanding 41,21%.

Direktur LSKP-LSI Denny J.A., Sunarto Ciptoharjono, mengatakan angka tersebut berdasar data yang masuk sebanyak 82,25% hingga pukul 16.30 WIB. "Kami mengambil sampel dari 400 TPS yang tersebar secara proposional di seluruh Jawa Tengah," jelas Sunarto saat menggelar jumpa pers di Hotel Grand Candi, Kota Semarang, Rabu (27/6/2018).

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 1%. Sunarto menambahkan hasil quick count yang dirilis institusinya itu sesuai prediksi dalam survei terakhir yang digelar periode 7-13 Juni 2018. Saat itu, survei LSKP-LSI Denny JA memberikan keunggulan untuk Ganjar-Yasing 54% berbanding 13%, dengan swing voters 33%.

Sunarto menyebutkan lonjakan suara Sudirman-Ida dari 13% hingga 41,21% karena mampu merebut suara swing voters. "Memang ada swing votters yang ke Ganjar, tapi lebih banyak yang ke Sudirman-Ida," tegasnya.

Keberhasilan menarik swing voters itu di antaranya karena upaya masif yang dilakukan tim pemenangan Sudirman-Ida dalam beberapa pekan terakhir, sebelum pemungutan suara. Selain itu, negative campaign yang disuarakan tim Sudirman-Ida juga dinilai cukup efektif.

Sunarto juga menyebutkan, keberhasilan Ganjar-Yasin memenangi pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 secara quick count tak terlepas dari tingkat popularitas yang tinggi. "Banyak pemilih yang juga menganggap Ganjar tidak terlibat korupsi e-KTP, sehingga mempengaruhi persepsi publik," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia