Bledug Kuwu, Objek Wisata Unik di Grobogan

Beldug Kuwu di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jateng. (Wikimedia.org)
28 Juni 2018 12:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, PURWODADI — Di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), terdapat sejumlah objek wisata unik yang patut dikunjungi jika saat liburan. Selain Api Abadi Mrapen yang menyajikan api abadi, di Kabupaten Grobogan terdapat objek wisata bernama Bledug Kuwu di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan yang menyajikan hamparan lumpur hangat yang meletup-letup.

Dikutip dari laman resmi milik Pemkab Grobogan, Bledug Kuwu merupakan objek wisata yang berwujud telaga lumpur hangat seluas kurang lebih 45 hektar. Di Bledug Kuwu, wisatawan dapat menyaksikan keluarnya air beserta lumpur dari endapan laut purba yang keluar karena tekanan air vertikal.

Lumpur yang disemburkan Bledug Kuwu disertai asap putih yang membubung itu rata-rata mencapai ketinggian 3 meter. Namun pada saat-saat tertentu, terjadi letupan keras yang mampu menyeburkan lumpur setinggi 10 meter hingga nampak demikian spektakuler. Letupan keras itu biasanya terjadi pagi buta ketika udara dingin atau saat cuaca mendung.

Selain keunikan tersebut, salah satu objek wisata alam di Kabupaten Grobogan tersebut juga menyimpan cerita rakyat. Menurut cerita rakyat, Bledug Kuwu terbentuk karena adanya lubang besar yang dibentuk seekor naga yang menghubungkan kawasan Kuwu di Kabupaten Grobogan dengan laut selatan Jawa.

Untuk dapat masuk ke kawasan Beldug Kuwu, pengunjung hanya perlu membayar tiket senilai Rp5.000. Di salah satu objek wisata alam di Kabupaten Grobogan tersebut juga tersedia buku yang menceritakan sejarah terbentuknya Bledug Kuwu yang dapat dibeli seharga Rp10.000.

Bledug Kuwu terletak sekitar 28 km sebelah timur Kecamatan Purwodadi. Dengan keunikan dan cerita rakyatnya, salah satu objek wisata alam di Kabupaten Grobogan tersebut sangat menarik untuk dinikmati.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya