Sepekan Jelang MXGP, Reservasi Hotel di Semarang Masih Stagnan

Poster yang diminta untuk dipasang di akun medsos warga Kota Semarang demi mempromosikan agenda MX/GP di Kota Semarang, Jateng. (Instagram/semarangpemkot)
29 Juni 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Berlangsungnya agenda balap motor kelas dunia, MXGP, disambut antusias para pelaku industri perhotelan di Koa Semarang. Meski demikian, sepekan menjelang event itu berlangsung tingkat pemesanan hotel di Kota Semarang  masih cenderung stabil.

Agenda motocross kelas dunia, MXGP akan digelar di Sirkuit Mijen, kawasan Bukit Semarang Baru (BSB), Jumat-Minggu (6-8/7/2018). Event ini rencana diikuti ratusan crosser dari dalam maupun luar negeri.

Berlangsungnya event itu pun menimbulkan harapan luar biasa dari pelaku industri perhotelan. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah (Jateng), Heru Isnawan, berharap adanya agenda kejuaraan internasional itu mampu mendongkrak tingkat okupansi hotel di Kota Semarang seperti saat libur Lebaran kemarin.

“Saat Lebaran kemarin tingkat okupansi hotel di Semarang rata-rata mencapai 80%. Harapan kami tentunya, MXGP bisa memberi efek yang sama. Kalau pun tidak, setidaknya mendekati [sekitar 60%],” ujar Heru saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat (29/6/2018).

Meski demikian, Heru mengaku hingga saat ini belum ada tingkat pemesanan kamar hotel di Semarang yang berkaitan dengan penyelenggaraan event MXGP. Kalau pun ada, kemungkinan besar di hotel-hotel kelas bintang lima maupun empat.

“Saya rasa hanya hotel-hotel bintang 5 dan 4 saja yang bisa menikmati imbas dari MXGP. Biasanya hotel-hotel mewah yang digunakan mengginap pembalap maupun kru. Kalau yang bintang 3 ke bawah untuk penonton. Tapi sejauh ini belum ada,” tutur Heru.

Senada juga diungkapkan Director of Sales and Marketing Hotel Harris Semarang, Peggy Puspita Sari, yang mengaku belum banjir pemesanan kamar hotel untuk agenda balap MXGP. Padahal, Harris Hotel merupakan salah satu hotel yang direkomendasikan situs web pemesanan kamar hotel, tiket.com.

“Sejauh ini kami belum mendapat pemesanan kamar yang berhubungan dengan event MXGP. Kalau pun ada pemesanan sifatnya umum, bukan dari penyelenggara event itu. Tingkat pemesanan kamar di Harris Hotel Semarang untuk tanggal 6-8 Juli, masih dalam taraf normal. Sekitar 48%,” tutur Peggy. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya