Tamzil-Hartopo Raup 42,51% Suara Pilbup Kudus

Dua saksi dari tim pasangan Tamzil-Hartopo dan Akhwan-Hadi tengah menyaksikan anggota KPU Kabupaten Kudus meneken hasil rekapitulasi penghitugan suara Pilbup Kudus di Aula KPU Kudus, Rabu (4/7 - 2018). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
04 Juli 2018 23:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Pasangan Muhammad Tamzil dan Hartopo meraup suara terbanyak dalam rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kudus sebagai rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Demikian terungkap dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus, Rabu (4/7/2018). Dari lima pasangan calon peserta Pilbup Kudus 2018, hanya dua saksi dari perwakilan tim pemenangan Muhammad Tamzil-Hartopo dan Akhwan-Hadi Sucipto yang hadir dalam kesempatan itu, sedangkan saksi tiga paslon lainnya tidak mengirimkan saksi.

Dengan disaksikan Panwaskab Kudus, forkompinda, dan sejumlah tamu undangan terungkap bahwa jumlah suara yang diperoleh Tamzil-Hartopo berjumlah 213.990 atau 42,51% dari total suara pemilih dalam pilkada atau tepatnya Pilbup Kudus 2018. Sedangkan pasangan nomor urut 1, Masan-Noor Yasin, hanya meraih dukungan 194.093 suara atau 38,55%. Pada urutan berikutnya, pasangan Sri Hartini-Setia Budi Wibowo dengan 76.792 suara atau 15,25%, pasangan Akhwan-Hadi Sucipto 11.151 suara atau 2,22%, dan pasangan Nor Hartoyo-Junaidi 7.393 suara atau 1,47%.

Pilbup Kudus 2018 diikuti lima pasangan calon, yakni pasangan Akhwan-Hadi Sucipto dan Nor Hartoyo-Junaidi yang sama-sama dari calon perseorangan. Sedangkan Masan-Noor Yasin diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sementara itu, pasangan Muhammad Tamzil-Hartopo diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura. Terakhir, pasangan Sri Hartini-Setia Budi Wibowo yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Menurut Ketua KPU Kudus, Moh. Khanafi, jumlah total suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus yang pemungutan suaranya dilakukan pada 27 Juni 2018 mencapai 520.310 suara. Dari jumlah suara sebanyak itu, terdapat suara tidak sah berjumlah 16.891 suara.

Pada kesempatan tersebut, Moh. Khanafi menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak karena pelaksanaan Pilbup Kudus 2018 berjalan lancar dan suasana wilayah juga tetap kondusif. Demikian halnya, kata Moh. Khanafi, selama rekapitulasi juga berjalan lancar dan kondusif.

Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Kudus, kata Moh. Khanafi, sebesar 84,25% atau naik 4,75% dari data pilkada sebelumnya. "Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 juga tinggi karena mencapai 84,26%," ujarnya.

Berdasarkan data KPU Kudus, hasil perolehan suara dari setiap kecamatan, pasangan Tamzil-Hartopo unggul di lima kecamatan, yakni Kecamatan Gebog, Dawe, Bae, Kota, dan Jekulo. Sedangkan pasangan Masan-Yasin menang di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kaliwungu, Mejobo, Jati, dan Undaan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara