Ganjar Pranowo Gandeng PGRI dan PGSI Rumuskan Kebijakan Pendidikan Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berdialog dengan jajaran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jateng. (Antara/Tim Media Ganjar/Yasin)
05 Juli 2018 02:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Persatuan Guru Republik Indonesia dan Persatuan Guru Swasta Indonesia berperan aktif memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi Jateng dalam merumuskan serta menyusun kebijakan pendidikan.

"Saya mau berkonsentrasi di pendidikan, tolong kasih saya masukan, saya butuh review dari PGRI-PGSI, bagaimana mengelola pendidikan dalam lingkup Jateng," katanya di Kota Semarang, Jateng, Senin (2/7/2018).

Ia menjelaskan bahwa dalam sistem demokrasi, partisipasi masyarakat sangat diperlukan karena pemerintah dan masyarakat memiliki ide dan gagasan yang berbeda sehingga jika disalurkan menjadi satu, maka akan bisa diperoleh jalan keluar bersama dalam menghadapi berbagai permasalahan pendidikan. Selain itu, juga bisa meminimalisasi permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

"Kalau kebijakan yang dibuat benar, setidaknya itu tanggung jawab yang kita berikan kepada bangsa dan negara karena kita berkontribusi, tapi kalau salah, agar kita tidak saling menyalahkan karena itu ikhtiar kita bersama," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar mengungkapkan rumusan pendidikan di Jateng ke depan harus lebih inklusif, melibatkan semua pihak, merata, dan berkualitas sehingga mampu menyiapkan anak-anak didik menjadi individu yang mandiri, memiliki daya saing serta daya juang yang tinggi, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang bisa membuka lapangan kerja sendiri di tengah persaingan global. Oleh karena itu, simpul Ganjar, sistem pendidikan harus melakukan lompatan agar bisa mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara