Penyelidikan Plagiarisme Rektor Unnes Tunggu Aba-Aba Kemenristekdikti

Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman. (Facebook/Fathur Rokhman)
05 Juli 2018 17:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) menunggu surat perintah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengusut dugaan plagiat yang dilakukan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fathur Rokhman.

Salah seorang anggota Tim EKA yang juga Guru Besar Program Studi Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung, Engkus Kuswarno, mengatakan sudah mengetahui kasus yang mendera rektor Unnes itu. “Kalau secara resmi mendapat penugasan belum, tapi secara informal sudah dapat data-data yang diperkarakan dari dua karya tulis itu," ujar Engkus saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu (4/7/2018) malam.

Dari data yang diperoleh, Engkus mengaku ada kesamaan yang sangat identik antara karya Fahtur Rokhman dan Anif Rida. Apalagi, tak tercantum sumber di mana tulisan itu disadur sehingga telah memenuhi unsur plagiat.

Meski demikian, Engkus enggan buru-buru menyimpulkan rektor Unnes melakukan plagiarosme. "Belum sampai verifikasi kebenaran mengenai jurnal itu. Perlu ditanyakan juga ke penerbit, masing-masing penulis, termasuk rektor. Kalau dilihat dari segi kesamaan memang ada unsur kesengajaan mengutip tanpa menulis sumber. Kalimat awal sampai akhir persis," imbuh Engkus.

Dugaan plagiarisme Rektor Unnes, Fathur Rokhman, mencuat setelah diembuskan seorang Guru Besar Unnes, Salatri Wilonoyudho, melalui akun Facebook, awal Juni lalu. Meski tak menyebutkan nama sosok yang melakukan plagiat, Salatri harus menghadapi sidang Majelis Profesor karena dianggap menyalahi aturan kampus perguruan tinggi negeri (PTN) di Gunungpati, Kota Semarang itu. Dalam sidang itu, Salatri menunjukkan dua artikel  yang hampir sama, yakni karangan Fathur Rokhman dan Anif Rida.

Kedua artikel ilmiah itu berjudul Kode Bahasa dalam Interaksi Sosial Santri: Kajian Sosiolinguistik di Pesantren Banyumas karya Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman diterbitkan Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Liter Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Volume 3 Nomor 1 Tahun 2004 dan artikel ilmiah karya Anif Rida dengan judul Pemakaian Kode Bahasa dalam Interaksi Sosial Santri dan Implikasinya bagi Rekayasa Bahasa Indonesia: Kajian Sosiolinguistik di Pesantren Banyumas yang terbit dalam prasidang Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya (Kolita) Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta tahun 2003.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia