MXGP Diharapkan Dongkrak Pariwisata Jateng

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi. (Antara/Wisnu Adhi N.)
05 Juli 2018 16:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi menyambut gembira penyelenggaran kejuaraan Motor Cross Grand Prix (MXGP) 2018 di Kota Semarang, akhir pekan ini. 

"Sebagai warga Jateng, saya sangat bangga karena event ini pertama kalinya ada di Jateng. Terobosan baru itu akan menghasilkan dampak positif bagi Kota Semarang dan Jateng. Karena event ini tidak hanya melibatkan olahraga saja, tapi juga ada kegiatan pariwisata yang bisa membangkitkan pariwisata Semarang dan Jateng," kata Rukma Setyabudi, Kamis (5/7/2018).

Dia juga mengatakan kegiatan akan berimbas secara menyeluruh, khususnya sektor pariwisata. Diyakininya turis mancanegara akan datang, termasuk wisatawan dari luar daerah. Dengan begitu, potensi wisata di Jateng akan lebih dikenal.

"Lagi pula, sirkuit yang nanti digunakan itu tidak hanya dipakai sekali saja. Kita bisa tumbuh kembangkan untuk event lain yang lebih bagus lagi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang Gurun Risyadmoko mengungkapkan bagaimana event internasional itu bisa diadakan di Kota Semarang. Tawaran dari PPIMI Pusat untuk menyelenggarakan MXGP ini disambut antusias oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang sangat mendukung event itu.

Kegiatan di Semarang ini, menurut Gurun merupakan seri ke-13 tingkat dunia yang otomatis akan dihadiri atlet-atlet dunia. Sebelumnya kegiatan ini pernah dilaksanakan di Palangkaraya. "Saya meminta kepada para crosser dan penggemar crosser di Semarang dan Jateng bisa hadir meramaikan acara yang akan dilaksanakan pada 6 sampai 8 Juli di Sirkuit Baru BSB City itu," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng Kadarusman mengatakan efek positif juga bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Karena penyelenggara telah menyiapkan lahan parkir dan lahan berjualan bagi UMKM seluas 21 ha. Hal itu dirasa sangat bermanfaat mengingat event dengan peserta dari 44 negara ini akan banyak penonton yang akan datang.

"Kami sangat berterima kasih karena tidak hanya bandara, hotel, dan transportasi yang memadai, tetapi kami juga mendapat dukungan dari semua stakeholder mulai dari imigrasi, kejaksaan, sampai pemerintah. Kita harus maksimalkan event ini untuk perkembangan Jateng," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis