Sidang Kasus Politik Uang Berlanjut di Temanggung

Sidang kasus politik uang di Pengadilan Negeri Temanggung, Kamis (5/7 - 2018). (Antara/Heru Suyitno)
05 Juli 2018 23:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Sidang kasus politik uang berlanjut di Pengadilan Negeri Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (5/7/2018). Dalam sidang lanjutan itu dihadirkan lima saksi, yakni Ketua Panwas Kabupaten Temanggung, Ketua Panwas Kecamatan Pringsurat, pelapor, dan dua saksi pelapor penerima uang.

Kasus politik uang yang terjadi pada Pilkada Temanggung 2018 tersebut digelar dengan terdakwa Supriyono alias Keprek warga Pringsurat. Sidang hari kedua dengan ketua majelis hakim Didit Pambudi Widodo tersebut dikawal ketat oleh polisi dan tentara.

Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Temanggung Antonius mengatakan agenda sidang hari ini adalah pemeriksaan saksi. Ia menyebutkan ada lima saksi yang dihadirkan, yakni Ketua Panwaskab Temanggung Sam Fery Baehaki, Ketua Panwascam Pringsurat Edi Joko, pelapor Sukirman, dan dua saksi pelapor penerima uang, yaitu Devi Bagas dan Wawan.

"Saksi itu adalah saksi saat pemeriksaan di panwaskab yang kita klarifikasi kemudian oleh panwaskab dilaporkan ke penyidik, oleh penyidik dijadikan saksi dalam berkas perkara dan itulah yang kami lakukan pemanggilan di persidangan," katanya.

Ia menuturkan saksi panwaskab untuk pendalaman yang menerima klarifikasi dari terlapor dan saksi-saksi, kemudian untuk panwascam yang menerima laporan dari pelapor dan juga penerima uang kemudian untuk saksi Bagas dan Wawan untuk pendalaman penerimaan uang. "Tujuan uang itu digunakan untuk apa sehingga terdakwa memberikan uang kepada para saksi," katanya.

Ia menuturkan setelah pemeriksaan lima saksi ini rencananya jaksa penuntut umum akan menghadirkan saksi ahli. "Kemungkinan besuk menghadirkan saksi ahli dari Universitas Diponegoro [Undip], Prof. Suprapto," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara