Banyak Terbitkan Jurnal, Unnes Diganjar Sinta Award

Para penerima penghargaan Sinta Award di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu (4/7/2018). (Istimewa - Unnes)
06 Juli 2018 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes)  meraih penghargaan Sinta Award 2018 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan itu diberikan karena Unnes dianggap sebagai perguruan tinggi dengan jumlah jurnal terindeks terbanyak di Indonesia.

Penghargaan Sinta Awards 2018 untuk kategori Universitas dengan jumlah jurnal terbanyak itu diterima langsung Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman, di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Selain Unnes, penghargaan Sinta Award juga diberikan kepada Universitas Indonesia (UI) yang berhasil menerbitkan publikasi terbanyak dan ITB yang meraih predikat universitas dengan jumlah publikasi internasional terbanyak.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh warga Unnes, terutama unit pengembang jurnal Unnes dan pengelola jurnal di fakutas, pascasarjana, maupun prodi. Kemenristekdikti juga telah memberikan pendampingan yang luar biasa kepada Unnes untuk mencapai tahap ini,” ujar rektor yang tengah diguncang isu plagiarisme itu dalam keterangan resmi, Kamis (5/7/2018).

Sinta Awards merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan Kemenristekdikti kepada institusi, pengelola jurnal dan peneliti yang paling produktif terindeks sistem pengindeks jurnal nasional, science and technology index (Sinta).

Unnes menerima penghargaan itu setelah selama satu tahun terakhir menerbitkan 85 jurnal, mengungguli Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menerbitkan 46 jurnal. Sedangkan, Universitas Brawijaya (Unibra) berada di urutan ketiga dengan 40 jurnal, Universitas Diponegoro (Undip) dengan 31 jurnal, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 30 jurnal. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia