Bantuan Operasional Pendidikan Jateng Dianggarkan Rp100 M

Pelajar SMA. (Harian Jogja/Sunartono)
06 Juli 2018 14:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mengeluarkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk SMA/SMK swasta di provinsi setempat. BOP Jateng yang direncanakan senilai Rp100 miliar itu untuk membantu peningkatan pendidikan di sekolah swasta.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menuturkan BOP dikucurkan untuk menunjang mutu pendidikan Jateng sehingga semakin maju. Menurutnya, besarnya biaya yang dikeluarkan harus berbanding lurus dengan prestasi para siswa di Jateng.

“Kemarin tim saya, saya suruh menghitung. Setelah dihitung memungkinkan kira-kira Rp100 miliar bisa kita perbantukan untuk swasta, nanti bentuknya BOP,” katanya Kamis (5/7/2018).

Menurut Ganjar, BOP tersebut akan dikelola sendiri oleh sekolah-sekolah swasta yang bersangkutan. Dengan demikian, BOP tersebut bisa saja digunakan untuk peningkatan fasilitas pendidikan maupun tunjangan kesejahteraan bagi guru SMA/SMK swasta.

Ganjar mengatakan pemberian tunjangan untuk guru swasta tidak wajib bagi pemprov karena wewenang pemprov hanya pada SMA/SMK negeri dan SLB negeri. Meski demikian pemprov bisa memberikan bantuan berupa pelatihan, mengirim tenaga pengajar, membantu peralatan,membantu ruang kelas, dan sebagainya.

“Kalau kita punya kemampuan honor, ya boleh kita bantu. Tapi tidak wajib di UU. Kalau pelatihan, mengirim tenaga pengajar, membantu peralatan, membantu ruang kelas, baru bisa dan sudah dilaksanakan. Kalau honor sesuai dengan kapasitas,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Bisnis