Jumlah Calon Haji Semarang Susut 10%

Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menata dokumen paspor dan visa jemaah calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (27/7 - 2018). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)
06 Juli 2018 17:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Jumlah jemaah calon haji (calhaj) asal Kota Semarang, jawa Tengah mengalami penurunan 10% dibandingkan tahun 2017 lalu. Penyebabnya adalah banyaknya calon haji yang pindah domisili sehingga harus diberangkatkan dari daerah lain.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang Mohammad Habib mengatakan jumlah calhaj yang akan diberangkatkan melalui kelompok terbang (kloter) Semarang adalah 1.919 jiwa pada tahun ini. "Ada penurunan jumlah calhaj yang berangkat tahun ini. Bila musim haji 2017 terdapat kurang lebih 2.000 orang yang berangkat dari Semarang, tahun ini jumlahnya berkurang jadi 1.919 orang," terangnya, Jumat (6/7/2018).

Menurut Habib, ada sejumlah alasan mengapa para pendaftar haji bermigrasi ke daerah lainnya. Salah satunya, pembatasan kuota haji pemerintah yang membuat minat masyarakat menunaikan rukun Islam kelima tersebut agak berkurang. "Tetapi, kalau dibanding calhaj di daerah-daerah lainnya, wilayah Semarang tetap yang paling banyak. Masa tunggu yang terlalu lama juga jadi pemicu turunnya minat masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut. Habib menjelaskan pihaknya sudah mematangkan persiapan untuk pemberangkatan calhaj kloter Semarang. Ada tujuh kloter yang akan diberangkatkan, yakni kloter 68, 69,70, 71, 72, dan 73. Pemberangkatan perdana akan dilakukan di Gedung Islamic Center Kalipancur, Manyaran, Semarang Barat, 5 Agustus 2018.

Untuk persiapan saat ini, latihan manasik haji di tingkat kecamatan sudah hampir tuntas. Kegiatan manasik haji akan dilakukan di 16 kecamatan. Setelah itu, bakal digelar manasik massal pada 11 Juli 2018.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Bisnis