DPRD Jateng Tuntut Penarikan Susu Kental Manis

Anggota Komisi B DPRD Jateng Yudhi Sancoyo. (Antara/Wisnu Adhi)
06 Juli 2018 22:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Yudhi Sancoyo meminta pihak terkait segera menarik produk yang selama ini disebut susu kental manis dari pasaran sehingga tidak terus merugikan masyarakat.

"Sebaiknya segera ditarik dari pasaran karena sudah sangat merugikan konsumen, (produk susu kental manis) itu sebagai bentuk pembohongan publik," katanya di Semarang, Jumat (6/7/2018).

Politikus Partai Golkar itu berpendapat pemerintah harus segera mengambil tindakan dan bersikap tegas. Hal ini dinilai perlu untuk mengantisipasi akibat yang ditimbulkan dari mengonsumsi produk yang selama ini dianggap susu tersebut.

Menurut dia, tindakan tegas dari pemerintah diperlukan agar produsen susu kental manis tidak mengabaikan hal-hal yang berkaitan dengan konsumen. "Dengan adanya temuan ini konsumen diingatkan agar tidak mudah percaya untuk membeli suatu produk hanya berdasarkan promosi," ujarnya.

Kalangan legislator juga mendorong pemerintah melakukan pengujian terhadap kandungan pada produk-produk makanan dan minuman yang beredar di pasaran. "Pemerintah harus tegas, jangan selalu seperti istilah orang Jawa 'nututi layangan pedot', sudah kejadian baru bertindak. Harusnya tiap tahun rajin melakukan tindakan sesuai dengan tupoksi masing-masing," katanya.

Seperti diwartakan, Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut produk susu kental manis yang selama ini beredar tidak mengandung padatan susu, namun justru mengandung gula dalam kadar yang sangat tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi sehari-hari, terutama oleh anak-anak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara