DPRD Jateng Pilih Lagi 3 Incumbent KIP

Uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah di Ruang Rapat Komisi A DPRD Jateng. (Antara/Wisnu Adhi)
07 Juli 2018 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — DPRD Jateng kembali memilih tiga calon incumbent anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah (Jateng) untuk masa bakti 2018-2022.

Tiga petahana anggota KIP Jateng yang kembali mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi itu dinyatakan kembali terpilih setelah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Komisi A DPRD Jateng. Berdasarkan informasi yang diperoleh Kantor Berita Antara di Kota Semarang, Jumat (6/7/2018) malam, ketiga petahana yang lolos seleksi tahap akhir itu adalah Zainal Abidin, Sosiawan, dan Handoko Agung Saputro.

Selain tiga petahana, dua kandidat yang meraih suara tertinggi berdasarkan pilihan dari anggota Komisi A DPRD Jateng yang memiliki hak pilih adalah Wijaya dan Slamet Haryanto. Zainal Abidin memperoleh 14 suara, Sosiawan 13 suara, Handoko Agung Saputro 11 suara, sedangkan Wijaya 12 suara, dan Slamet Haryanto 12 suara.

Sebelum memilih lima orang dari sepuluh orang yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan seleksi anggota Komisi Informasi Provinsi Jateng, 15 anggota Komisi A diwajibkan menghadiri fit and proper test sejak awal agar mempunyai hak pilih. Hal itu bertujuan agar pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Jateng dapat memberikan penilaian kepada para kandidat komisioner Komisi Informasi Provinsi Jateng secara utuh.

Dari 15 legislator yang mempunyai hak pilih tersebut, masing-masing memilih lima kandidat yang dinilai patut dan layak menjadi anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah periode selanjutnya. Kelima nama calon terpilih berdasarkan hasil uji kepatutan dan kelayakan itu selanjutnya akan diusulkan oleh DPRD Jateng kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk dilantik sebagai anggota Komisi Informasi Provinsi Jateng periode 2018-2022.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara