Jeffrey Herlings Terdepan di Kualifikasi MXGP Semarang

Salah seorang crosser luar negeri saat beraksi di babak kualifikasi MXGP seri ke 13 di Sirkuit BSB City, Kota Semarang, Sabtu (7/7/2018). (JIBI/Semarangpos.com - Imam Yuda S.)
07 Juli 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Jeffrey Herlings, menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MXGP seri ke-13 di Sirkuit BSB, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Sabtu (7/7/2018).

Crosser asal Belanda itu meraih catatan waktu 24 menit 8 detik dalam 12 laps atau sepanjang 12 km adu kebut di lintasan tanah liat Mijen. Catatan waktu Herlings ini lebih baik sekitar 4,011 detik dari pembalap Honda Racing Corporation (HRC), Tim Gasjer, yang menempati urutan kedua.

Raihan di babak kualifikasi ini pun membuat Herlings bakal menjalani sesi balapan, Minggu (8/7/2018) dari posisi terdepan. Kans meraih podium juara seperti saat tampil pada MXGP seri ke-12 di Pangkalpinang, akhir pekan lalu, pun terbuka sangat lebar.

“Besok kami akan menjalani start yang bagus. Kita tak boleh mengabaikan motor dan cedera serta operasi yang pernah terjadi. Saya berpikir realistis dan akan berjuang untuk meraih podium juara,” ujar Herlings saat sesi jumpa pers seusai perlombaan.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Jeffrey Herlings (kedua dari kiri), saat sesi jumpa pers setelah babak kualifikasi MXGP of Asia di Sirkuit BSB City, Kota Semarang, Sabtu (7/7/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Dalam kesempatan itu, Herlings juga memuji sirkuit di BSB, Kota Semarang, yang digunakan menggelar MXGP seri Asia. Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektar itu mencapai 1,75 km, atau tergolong panjang dibanding sirkuit MXGP di Pangkalpinang yang hanya mencapai 1,52 km.

 “Track-nya cukup panjang dan itu sangat mengejutkan. Hanya saja mungkin perlu sedikit pembenahanan, seperti lintasan yang perlu sedikit air,” beber pembalap berusia 24 tahun

Sementara itu, pada babak kualifikasi posisi ketiga berhasil direbut pembalap asal Swiss yang tampil dengan bendera Wilvo Yamaha MXGP, Jeremy Seewer, dengan catatan waktu 24 menit 12,764 detik atau lebih cepat 0,339 detik dari pembalap Monster Energy Yamaha Factory, Romain Febvre, yang berada di urutan keempat.

Kendati meraih urutan keempat, Romain patut berbangga. Hal itu karena pembalap asal Prancis itu mencatatkan waktu tercepat di lap ke-11 dengan torehan 1 menit 51.084 detik. Ia pun berpeluang kembali meraih podium seperti saat tampil di Pangkalpinang, di mana dirinya sukses menempati urutan ketiga.

Sementara itu, di kelas MX2, posisi terdepan pada balapan Minggu nanti bakal ditempati crosser Red Bull KTM Factory Racing, Jonass Paul. Crosser asal Latvia itu menempati posisi start terdepan setelah di babak kualifikasi mencatatkan waktu tercepat 24 menit 40,845 detik, mengungguli rekan setimnya, Jorge Prado, yang harus puas di posisi kedua.

MXGP seri ke-13 di Semarang diikuti 24 pembalap dari berbagai negara. Dari sekian pembalap itu, ada 5 pembalap Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang turut serta dengan status wild card. Kelima pembalap itu, yakni Lewis Stewart, Andre Sondakh, Aldi Lazaroni, Rizky Hanif Kusparwanto, dan Farhan Hendro.

Kelima crosser IMI tampil di kelas MXGP maupun MX2. Sayang, mereka kurang bisa bersaing dengan crosser papan atas setelah hanya menempati urutan 15 ke bawah.

Babak final dari seri MXGP Asia di Semarang rencana digelar Minggu dengan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia