Orang Tua Siswa Resah PPDB Online Belum Diumumkan, Ini Penjelasan Disdikbud Jateng

Calon siswa melakukan pendaftaran online ke SMAN 1 Klaten, Senin (2/7 - 2018). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
11 Juli 2018 14:00 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Laman Internet yang memuat tentang pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPBD) SMA/SMK di Jawa Tengah (Jateng), http://jateng.siap-ppdb.com, hingga Rabu (11/7/8/2018) tak kunjung menampilkan daftar peserta yang lolos seleksi. Padahal, seharusnya pengumuman calon siswa yang lolos PPDB SMA/SMK akan diumumkan secara online Rabu ini. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah (Jateng), Gatot Bambang Hastowo, mengatakan hingga saat ini pihaknya memang belum mengumumkan calon siswa yang lolos dalam PPBD tingkat SMA/SMK secara online. Meski demikian, dirinya memastikan tidak akan ada perubahan jadwal pengumuman PPDB SMA/SMK di Jateng itu dan tetap akan diumumkan secara serentak Rabu ini.

"Juknis [petunjuk teknis] tetap hari ini [Rabu], tapi jamnya belum pasti. Secara juknis diumumkan hari ini hingga pukul 23.59 WIB. Jadi sabar saja ya. Dipantau saja terus website-nya," ujar Gatot saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu pagi.

Gatot menyebutkan untuk pengumuman PPDB online tingkat SMA/SMK di Jateng bisa dilihat melalui website http://jateng.siap-ppdb.comSementara untuk pengumuman di masing-masing sekolah akan digelar Kamis (12/7/2018).

Gatot menambahkan saat ini pihaknya memang belum mengeluarkan data resmi calon siswa yang diterima dalam seleksi PPDB online tingkat SMA/SMK. Pihaknya masih dalam proses melakukan verifikasi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang digunakan calon siswa dalam PPDB.

"Ini verifikasi masih terus kami lakukan. Mungkin nanti siang baru selesai," imbuh mantan Sekretaris KPU Jateng itu.

Sementara itu, belum diumumkannya PPDB SMA/SMK secara online itu membuat sejumlah orang tua siswa resah. Mereka menduga ada pengunduran jadwal pengumuman PPDB SMA/SMK secara online yang diumumkan melalui website http://jateng.siap-ppdb.com.

"Apa diundur ya? Kok sampai sekarang pengumumannya belum ada. Saya cek di situs PPDB belum ada pengumumannya," tutur orang tua siswa yang mendaftarkan anaknya di SMA negeri di Soloraya, Anton. 

Tokopedia