Bawa Api Abadi di Semarang, Yayuk Basuki Ingin Kembali Ikut Asian Games

Mantan petenis nasional, Yayuk Basuki, mengusung tinder box berisi api Asian Games di Semarang, Rabu (18/7 - 2018). (Solopos/Imam Yuda S.)
18 Juli 2018 13:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG -- Api abadi Mrapen untuk menyulut obor Asian Games 2018  sampai di Semarang, Rabu (18/7/2018). Api itu dibawa mantan petenis nomor satu Indonesia, Yayuk Basuki.

Peraih empat medali emas Asian Games itu terlihat antusias saat membawa tinder box berisi api abadi itu kemudian menyerahkannya kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang. Dia bahkan mengaku ingin kembali turun lapangan bersaing dengan para petenis muda dan mengharumkan nama Indonesia.

"Perasaan saya campur aduk. Enggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rasanya mau turun lagi [ke lapangan], tapi kayaknya enggak mungkin," ujar perempuan berusia 45 tahun itu kepada wartawan.

Sebelumnya, api ini dibawa mantan petenis nasional, Yustejo Tarik, kemudian diserahkan kepada Yayuk Basuki di depan Kantor RRI Semarang. Setelah diserahkan kepada Yayuk Basuki, api Asian Games lantas diarak keliling Kota Semarang dan dibawa ke Balai Kota Semarang untuk diserahkan ke Wali Kota Semarang.

Hendi, sapaan Wali Kota Semarang, kemudian menyerahkan api abadi itu kepada Yustejo Tarik untuk dibawa ke Prambanan, Klaten. "Kami mewakili masyarakat Kota Semarang mendapat kehormatan sebagai wilayah yang ketempatan api abadi Asian Games. Api ini sebagai simbol semangat yang tinggi. Mudah-mudahan Indonesia bisa meraih prestasi yang baik di Asian Games," ujar Hendi.

Asian Games 2018 akan digelar mulai 18 Agustus-2 September nanti. Pesta olahraga terbesar negara-negara Asia itu akan digelar di dua tempat, yakni Jakarta dan Palembang.