Gagal Jadi Gubernur Jateng, Sudirman Nyaleg DPR

Sudirman Said. (Instagram/sudirmansa1d)
19 Juli 2018 07:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Mantan calon gubernur Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said, bakal maju sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Sudirman bahkan telah resmi menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Mantan Menteri ESDM yang dinyatakan kalah dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu menyebutkan alasannya untuk menjadi wakil rakyat di parlemen. Ia mengaku mendapat perintah langsung dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, untuk maju dalam Pileg 2019 dari daerah pilihan (Dapil) Jateng X, yang meliputu Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes.

"Yang meminta kali pertama [nyaleg] Pak Prabowo Subianto. Saya didukung para pengurus inti Partai Gerindra. Saya pun menerima ini sebagai suatu kehormatan," ujar Sudirman dalam keterang resmi yang diterima Semarangpos.com, Rabu (18/7/2018).

Sudirman menyatakan keputusannya untuk berkarir di partai politik lewat Pileg 2019 mendatang karena sejumlah alasan. Salah satu pertimbangan karena banyaknya dukungan rakyat Jateng pada Pilgub 2018.

Dalam Pilgub Jateng 2018, Sudirman berhasil meraup 7.267.993 suara atau sekitar 41,22%. Meski kalah dari pesaingnya, Ganjar Pranowo, capai Sudirman dianggap cukup menggembirakan karena sebelumnya hanya diprediksi hanya mampu meraup sekitar 0 koma persen.

"Saya memikirkan bagaimana cara mengikat dukungan itu [konstituen yang sudah terbangun]. Salah satunya dengan menjadi wakil rakyat yang akan membawa aspirasi masyarakat Jateng. Karena itu saya memutuskan menerima tawaran sebagai calon anggota legislatif," imbuh Sudirman.

Tokopedia