PSIS Datangkan Pemain Serba Bisa Korea

Pemain asal Korea Selatan, Bang Seung/Hwan, tengah menjalani trial bersama PSIS Semarang. (Youtube.com)
19 Juli 2018 09:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Perburuan pemain berkualitas terus dilakukan PSIS Semarang pada jendela transfer pemain putaran kedua Liga 1 Indonesia 2018. Setelah sebelumnya mendatangkan striker asal Lebanon, Abou Bakr Al-Mel, kali ini PSIS Semarang kembali mendatangkan pemain asing asal Korea Selatan (Korsel), Bang Seung-Hwan.

CEO PSIS Semarang, A.S. Sukawijaya, menyebutkan Seung-Hwan merupakan pemain serba bisa dan sarat pengalaman. Pemain berusia 35 tahun itu pernah merasakan atmosfer persaingan di kancah K-League, Liga Thailand, maupun Liga Malaysia.

 “Bang pemain yang serba bisa. Ia bisa berperan di berbagai posisi, baik bek, gelandang, maupun [membantu] penyerang. Saat ini dia sudah datang dan siap menjalani trial bersama PSIS Semarang,” ujar pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu pada acara jumpa pers di markas PSIS Semarang, Karangrejo, Kota Semarang, Rabu (18/7/2018).

Dikutip dari transfermarkt.com, Bang memiliki posisi asli sebagai gelandang bertahan. Meski demikian, ia bisa tampil sebagai bek tengah. Pemain yang pernah memenangi Piala Liga Korea bersama FC Seoul pada 2010 itu terakhir bermain di Liga 1 Thailand bersama Royal Thai Navy FC. Namun, kontraknya habis pada 1 Juni 2018 dan tidak diperpanjang Royal Thai Navy FC. 

Yoyok menambahkan baik Seung-Hwan dan Abou Bakr Al-Mel saat ini masih berstatus pemain seleksi. Namun, seandainya keduanya memenuhi persyaratan bergabung dengan PSIS Semarang pihaknya pun akan melakukan pencoretan terhadap pemain asing yang saat ini dimiliki.

Saat ini, PSIS Semarang telah memiliki tiga pemain asing, yakni striker asal Brazil, Bruno Silva, gelandang asal Sierra Leone, Ibrahim Conteh, dan bek dari Serbia, Petar Planic. Padahal, seusai regulasi PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi Liga 1, setiap tim hanya diizinkan memiliki empat pemain asing, di mana satu di antaranya berasal dari Asia.

“Praktis kalau keduanya [Seung-Hwan dan Abou Bakr] lolos seleksi, kami akan lakukan evaluasi [pencoretan] untuk pemain asing saat ini. Nanti keputusan kami serahkan ke pelatih [Vincenzo Alberto Annese],” beber Yoyok.

Selain memburu pemain asing untuk memperkuat skuat di putaran kedua Liga 1, PSIS Semarang saat ini juga tengah mengincar beberapa pemain lokal, seperti Atep dan Airlangga Sucipto yang saat ini masih berstatus pemain Persib Bandung. Selain kedua pemain Persib Bandung itu, Yoyok juga mengaku tengah mengincar stopper berstatus naturalisasi.