Mantan Kepala BPN Semarang Divonis Bui 5 Tahun

Ilustrasi vonis majelis hakim. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
21 Juli 2018 02:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Mantan kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang Priyono dijatuhi hukuman lima tahun penjara atas suap senilai Rp8,7 miliar yang diterimanya sepanjang menjabat di lembaga yang mengurusi masalah agraria tersebut.

Putusan yang dibacakan ketua majelis hakim Antonius Wididjantono dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Rabu (18/7/2018) tersebut, lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang tujuh tahun penjara. Hakim juga menjatuhkan hukuman denda senilai Rp200 juta yang jika tidak dibayarkan maka akan diganti dengan kuringan selama enam bulan penjara.

Hakim menyatakan terdakwa terbukti melanggar peraturan perundang-undangan tentang tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang. "Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 12 e Undang-Unfang Nomor 30 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," katanya.

Selain itu, terdakwa juga terbukti melanggar Pasal 4 UU No. 8/2001 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Dalam pertimbangannya, hakim menilai uang dengan nilai total Rp8,7 miliar yang diperoleh terdakwa selama menjabat sebagai pejabat badan pertanahan mulai 2006 hingga 2016. Sejumlah aset milik terdakwa yang pembeliannya diduga berasal dari uang suap tersebut.

Atas putusan itu, hakim memberi kesempatan kepada terdakwa untuk mengambil upaya hukum lanjutan atau menerima.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara