Calon Haji Jateng Meninggal Dunia di Madinah

Petugas melambaikan tangan sebagai simbol perpisahan ke arah pesawat yang ditumpangi jemaah calon haji. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
24 Juli 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BOYOLALI — Seorang calon haji asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dilaporkan meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi, karena sakit.

"Calon haji Jateng yang meninggal dunia tersebut, yakni Sunarto Sueb Sahad, 57, warga Dukuh Petahanan, RT 005/RW 005, Desa Bumiayu Kalinusu, Brebes tergabung kloter 15," ungkap Kepala Subbag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (24/7/2018).

Menurut Afief Mundzir, berdasarkan data yang diterima melalui sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) di Embarkasi Solo, Sunarto Sueb Sahad, diberitakan meninggal dunia di Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah, Senin (23/7/2018), sekitar pukul 22.15 WIB. "Calon haji itu meninggal dunia karena sakit gangguan pernapasan," kata Afief Mundzir.

Afief Mundzir mengatakan calon haji tersebut diberangkatkan bersama rombongan jemaah Kloter 15 gabungan asal Brebes dan Kebumen melalui Embarkasi Solo, Sabtu (21/7/2018), pukul 10.50 WIB. PPIH Embarkasi Solo hingga Selasa ini, kata dia, telah memberangkatkan 23 kloter dengan jumlah 8.060 orang calon haji ke Tanah Suci.

Rombongan jamaah calon haji Kloter 23 dengan jumlah 352 orang diterbangkan melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Selasa, pada pukul 05.10 WIB. Selain itu, satu calon haji yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci, karena sakit. Calon haji ini, dirujuk ke RS TNI Angkatan Udara, setelah mengikuti cek kesehatan terakhir di poliklinik embarkasi, hasil diagnosa menderita hipertensi.

"Satu calon haji yang tertunda karena sakit itu, yakni Untung Juwono, 77, warga Bantul, DIY tergabung Kloter 24. Kloter ini, sesuai jadwal diberangkatkan ke Tanah Suci, pada pukul 13.25 WIB," katanya. PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraah ibadah haji tahun ini rencananya memberangkatkan 34.112 orang calon haji asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara