Tiket Jazz Atas Awan DCF 2018 Ludes Terjual

Ilustrasi pencukuran rambut anak gembel di Dieng Culture Festival. (Solopos.com/Dok.)
24 Juli 2018 21:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Agenda tahunan Dieng Culture Festival (DCF) di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah (Jateng) yang akan digelar 3-5 Agustus 2018, diperkirakan kembali menyedot ribuan wisatawan yang bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga mancanegara.

Hal ini terbukti dari antusiasme wisatawan yang sejak jauh-jauh hari memesan tiket masuk ke DCF 2018. Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng bahkan mengklaim tiket masuk salah satu acara dalam rangkaian kegiatan DCF 2018, yakni Jazz Atas Awan, saat ini sudah ludes terjual.

“Tiket yang kami sediakan untuk event musik jaz sekitar 3.000 [lembar]. Kabarnya, itu sudah sold out [habis terjual]. Kalau untuk event yang lainnya masih ada,” ujar Kepala Disporapar Jateng, Urip Sihabudin, saat dijumpai Semarangpos.com di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa (24/7/2018).

Urip menyebutkan DCF merupakan event tahunan yang dicanangkan oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di sekitar Dataran Tinggi Dieng. Event ini sudah berlangsung sejak 2009 dan pamornya semakin meningkat sejak beberapa tahun terakhir.

“Persiapan untuk Dieng Culture Festival sejauh ini tidak ada kendala. Persiapan hampir 100%. Semoga acaranya sukses seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Urip.

Acara DCF IX akan digelar selama tiga hari di pelataran Candi Arjuna, Dieng. Selain Jazz Atas Awan, acara DCF IX juga akan menampilkan pertunjukan sendratari, pertunjukan musik, pesta lampion, dan kembang api.

Sebagai pemuncak acara DCF 2018 akan digelar ritual merawat anak berambut gimbal atau yang populer disebut anak gembel. Rambut anak gembel yang dipercaya merupakan keturunan pendiri permukiman di Dataran Dieng, Kyai Kolo Dete, itu akan dicukur dalam sebuah acara ritual. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya