Wow, Anggaran Proyek Mapolres Kudus Ditambah Lagi Rp2,9 M

Ilustrasi pekerja membangun konstruksi bangunan. (Bisnis/Paulus Tandi Bone)
24 Juli 2018 20:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kabupaten Kudus mengusulkan tambahan anggaran biaya pembangunan markas polres setempat senilai Rp2,9 miliar. Tambahan dana itu menggenapi proyek pembangunan yang sebelumnya telah dianggarkan hingga puluhan miliar rupiah itu.

"Penambahan anggaran senilai Rp2,9 miliar yang akan diusulkan melalui APBD Perubahan 2018 bertujuan untuk pengadaan perabot perkantoran hingga sarana dan prasana lainnya," papar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kudus, Sam'ani Intakoris, di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (24/7/2018).

Tokopedia

Usulan tambahan anggaran melalui APBD Perubahan 2018, katanya, sudah mendapatkan persetujuan bupati Kudus. Pengadaan mebeler dan sarana serta prasarana lain itu akan dilakukan oleh Pemkab Kudus, selanjutnya dihibahkan ke Polres Kudus. Hal itu menggenapi nilai proyek pembangunan yang sebelumnya telah dianggarkan hingga puluhan miliar rupiah.

Meskipun pada tanggal 31 Juli 2018 akan diresmikan, kata dia, realisasi pembangunannya diperkirakan sudah mencapai 95% sehingga masih ada beberapa bagian yang belum tuntas. Untuk saat ini, lanjut dia, pembangunan fisik mapolres itu sudah mencapai 85% dan saat diresmikan sudah mencapai 95%.

Penuntasan pembangunan Mapolres Kudus, katanya, masih akan diusulkan tambahan anggaran pada tahun 2019, sedangkan anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan mapolres itu sudah mencapai Rp35 miliar. Rencananya, lanjut dia, tambahan anggaran pada tahun 2019 diusulkan senilai Rp9,5 miliar.

Dengan anggaran sebesar itu, rencananya digunakan untuk pembangunan pos, taman, halaman, saluran dan sarpras lainnya. Adapun prediksi pembangunan Mapolres Kudus bisa tuntas 100%, pada bulan Agustus 2019.

Sebelumnya, Pemkab Kudus menghibahkan tanah seluas 15.000 m2 di tepi Jalan Raya Kudus-Pati, wilayah Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Untuk pembangunan pagarnya, proyek pembangunan mapolres itu dibantu oleh Pemkab Kudus dengan dana senilai Rp4,82 miliar yang berasal dari APBD Perubahan 2016.

Pembangunan tahap berikutnya, yakni pembangunan struktur bangunannya dianggarkan Rp9,49 miliar, sedangkan untuk tahap berikutnya pihak Polres Kudus mengajukan tambahan kepada Pemkab Kudus senilai Rp28,35 miliar. Bangunan Mapolres Kudus yang baru memiliki luas sekitar 4.800 m 2yang terdiri atas dua lantai.

Dengan adanya pembangunan gedung Markas Polres Kudus yang baru, kualitas pelayanannya kepolisian setempat diharapkan bisa semakin meningkat karena sarana dan prasana yang ada juga lebih lengkap, khususnya lahan parkir yang jauh lebih luas. Lokasi bangunan Mapolres Kudus yang baru berada sekitar 10 km dari kantor lama.

Sementara kantor Polres Kudus lama di Jl. Jenderal Sudirman Kudus tetap dimanfaatkan sebagai sentra pelayanan. Dengan lokasi sentra pelayanan yang berada di jantung kota, diharapkan juga memudahkan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, termasuk pelayanan terhadap masyarakat umum.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara