Perusahaan Antre Masuk Kawasan Industri di Jateng

Kawasan Industri Wijayakusuma di Semarang, Jawa Tengah. (Bisnis.com/Pamuji Tri Nastiti)
25 Juli 2018 01:50 WIB Lucky Leonard Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemprov Jawa Tengah terus mendorong pengembangan kawasan industri demi meningkatkan investasi datang ke wilayah setempat. Sejauh ini, sudah ada beberapa perusahaan yang mengantre untuk masuk kawasan industri di Jateng.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng Didik Subiantoro mengatakan pengembangan kawasan industri di Jateng masih sangat prospektif. Dia menuturkan sudah ada beberapa perusahaan yang antre untuk masuk kawasan industri. "Untuk kawasan yang baru, dari pusat sudah keluar izinnya. Sekarang tinggal mengurus amdal," ujarnya, Selasa (24/7/2018).

Dia menjelaskan para pengusaha akan dimudahkan apabila mengembangkan usahanya di dalam kawasan industri. Pasalnya, beberapa perizinan sudah tidak perlu diurus lagi. "Apalagi dengan aturan baru misalnya IMB, izin lingkungan, sudah include saat dia diproses masuk kawasan industri," tuturnya.

Namun, Didik mengungkapkan ada kendala klasik yang harus dihadapi untuk membuka kawasan industri baru, salah satunya spekulan tanah. Menurutnya, cukup sulit untuk mendapatkan wilayah dengan hamparan yang luas. Selain itu, spekulan tanah pun kerap bermain, sehingga harga tanah bisa melambung. "Kami sudah membentuk tim percepatan kawasan industri. Beberapa kawasan dibantu."

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis