BMKG Cermati Gerhana Bulan Terlama di Abad Ini, Sabtu

Proses gerhana bulan total dilihat dari Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (4/4 - 2015). (Antara/Dedhez Anggara)
26 Juli 2018 18:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Gerhana bulan total, Sabtu (28/7/2018), diprediksi sebagai gerhana bulan total terlama dalam abad ini. Stasiun Geofisika Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara akan melakukan pengamatan terhadap gerhana bulan total tersebut.

"Pengamatan akan dimulai pada pukul 01.00 WIB berlokasi di Kantor Stasiun Geofisika Banjarnegara di Jl. Banjarmangu Km. 12 Banjarnegara," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (24/7/2018).

Tokopedia

Gerhana bulan tersebut merupakan gerhana bulan total terlama dalam abad ini karena diprediksi terjadi sekitar 103 menit. "Gerhana bulan dapat langsung diamati dengan mata telanjang, namun menggunakan teleskop atau kamera tertentu akan lebih baik," tambahnya.

Gerhana bulan total tersebut, dapat diamati di seluruh Indonesia termasuk di Banjarnegara selama cuaca cerah. "Berdasarkan prakiraan cuaca, pada saat terjadinya gerhana bulan total di Banjarnegara cerah berawan, dan kemungkinan fenomena tersebut akan terlihat cukup jelas," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG diketahui bahwa gerhana parsial atau sebagian akan dimulai pada pukul 01.24 WIB. Gerhana total akan dimulai pada pukul 02.30 WIB.

Sementara itu, puncak totalitas gerhana sekitar pukul 03.21 WIB dan gerhana total berakhir 04.14 WIB. "Gerhana parsial atau sebagian berakhir pukul 05.19 WIB," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara