Penetapan Hasil Pilbup Magelang Hanya Dihadiri Cawabup Terpilih

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin (kiri) menyerahkan berita penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Magelang terpilih kepada Edi Cahyana (kanan). (Antara/Heru Suyitno)
27 Juli 2018 00:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MUNGKID — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang, Rabu (25/7/2018), menetapkan pasangan Zaenal Arifin dan Edi Cahyana sebagai calon bupati dan calon wakil bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bipati (Pilbup) Magelang sebagai bagian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Penetapan hasil Pilbup Magelang itu hanya dihadiri calon wakil bupati terpilih, Edi Cahyana.

"Dalam rapat pleno terbuka, KPU Kabupaten Magelang menetapkan Zaenal Arifin dan Edi Cahyana sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Magelang terpilih," kata Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin di Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ia menuturkan penetapan pasangan calon terpilih ini menindaklanjuti surat KPU Nomor 739/PY.03-SD/03/KPU/VII/2018 tanggal 23 Juli 2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Tanpa Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2018 di Mahkamah Konstitusi.

Ia menyebutkan pada Pilbup Magelang 2018, pasangan Zaenal Arifin dan Edi Cahyana yang diusung PDI Perjungan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat memperoleh 392.789 suara sah atau 55,59%. Perolehan suara tersebut mengungguli pasangan Zaenal Arifin dan Rohadi Pratoto yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang meraih 313.746 suara.

Ia mengatakan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Magelang terpilih didasarkan pada berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten dalam Pilbup Magelang 2018 yang disahkan KPU Kabupaten Magelang. Hal itu sesuai sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara dari setiap kecamatan di tingkat kabupaten dalam Pilbup Magelang 2018 yang disahkan KPU Kabupaten Magelang.

Selain itu, keputusan KPU Kabupaten Magelang No. 69/PL.03.6. Kpt/KPU-Kab/VIII/2018 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil Pilbup Magelang 2018. Ia mengatakan berita acara penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih untuk masa jabatan tahun 2019-2024 salah satunya disampaikan kepada DPRD Kabupaten Magelang, yang nantinya mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah untuk dilakukan pelantikan.

Afiffuddin mengatakan dalam penetapan pasangan calon terpilih ini diundang semua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Magelang, namun yang hadir hanya wakil bupati Magelang terpilih Edi Cahyana.

KPU Magelang, Zaenal Arifin, Edi Cahyana, pilkada Jateng, pilkada 2018, Pilbup Magelang, Edi Cahyana.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara