Pemuda Pancasila Pasang Badan Kawal Abdul Somad

Pengurus Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jateng, Jumat (27/7 - 2018). menyatakan kesiapan mengamankan safari dakwah yang digelar Ustaz Abdul Somad di Semarang. (Antara/I.C. Senjaya)
28 Juli 2018 13:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (PP) Jawa Tengah menyatakan kesiapan mengerahkan 5.000 anggotanya untuk mengawal ulama asal Riau, Ustaz Abdul Somad, selama melaksanakan safari dakwah di Semarang.

Pernyataan itu dikemukakan secara terbuka setelah munculnya sikap kontra dari sejumlah organisasi kemasyarakat (ormas) dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) atas kehadiran Abdul Somad di Semarang. Sebagaimana gencar diberitakan, pernyataan ormas dan OKP itu telah mengarah ke kepemaksaan kehendak yang diwarnai ancaman tindak kekerasan dan premanisme.

"Sekitar 5.000 anggota untuk wilayah Semarang sudah siap, kalau secara keseluruhan ada 50.000 anggota," kata Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Majelis Pimpinan Wilayah PP Jawa Tengah Eko Basuki di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (27/7/2018).

Menurut dia, pengawalan akan dilakukan sejak Ustaz Somad turun dari pesawat hingga meninggalkan Semarang. Alasan Pemuda Pancasila mengawal kegiatan dakwah Abdul Somad, kata dia, adalah karena ulama asal Riau tersebut merupakan kader kehormatan organisasi kemasyarakatan itu.

Menurut dia, penolakan terhadap pengajian yang akan menghadirkan Abdul Somad sebagai bentuk persekusi. Oleh karena itu, kata dia, Pemuda Pancasila meminta masyarakat tidak mudah terhasut atau terprovokasi oleh upaya penolakan semacam itu.

Pemuda Pancasila, lanjut dia, juga siap mendukung polisi dalam upaya mengamankan pelaksanaan pengajian yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad tersebut. Pernyataan kesiapan Pemuda Pancasila bekerja sama dengan polisi itu rupanya terkait dengan komitmen Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Abiyoso Seno Aji, mengawal Ustaz Somad di sejumlah lokasi di Kota Semarang, Kamis (26/7/2018). Sebab, belakangan, Wakil Kapolrestabes Semarang AKBP Enrico Silalahi sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, merevisi pernyataan dengan menyatakan bahwa izin kegiatan belum diterbitkan polisi.

Ustaz Abdul Somad diagendakan menghadiri sejumlah pengajian di Kota Semarang selama dua hari, 30 dan 31 Juli 2018. Salah satu kegiatan pengajian akan digelar di kampus Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara