Jateng Gelar Promosi Agribisnis di Soropadan, Gubernur dan Ketua DPRD Panen Kedelai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi panen kedelai saat membuka Gelar Promosi Agribisnis di Soropadan, Temanggung, Jumat (27/7 - 2018). (Antara/Heru Suyitno)
28 Juli 2018 12:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah menyelenggarakan Gelar Promosi Agribisnis (GPA) Ke-8 di Soropadan, Kabupaten Temanggung, Kamis-Senin (26-30/7/2018). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi didaulat panen kedelai saat membuka agenda Provinsi Jateng itu, Jumat (27/7/2018).

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Yuni Astuti mengatakan tema GPA Ke-8 ini adalah modernissi pertanian Jawa Tengah menuju kedaulatan pangan. GPA Ke-8 yang dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu juga dihadiri staf ahli menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Pertanian Ani Andayani. Yuni menuturkan tema tersebut dimaksudkan untuk mendorong memanfaatkan aplikasi teknologi informasi dalam pembangunan pertanian setelah pembangunan pertanian melewati fase budi daya pertanian yaitu revolusi hijau dan mekanisasi.

Tokopedia

Ia menyebutkan GPA Ke-8 diikuti 84 stan, terdiri atas 58 stan satuan kerja prangkat daerah (SKPD) pemerintah provinsi dan kabupaten-kota, 17 stan dari swasta dan sembilan stan dari badan usaha milik negara (BUMN) serta badan usaha milik daerah (BUMD). GPA diakuinya sebagai sarana promosi, terutama untuk produk-produk pertanian, di samping itu juga alat-alat pertanian dan sarana produksi pertanian seperti benih, insektisida, dan pestisida.

Ia mengatakan GPA ini juga berfungsi sebagai pasar, publikasi dan informasi serta edukasi. "GPA juga berfungsi untuk rekreasi, hal ini terlihat dari indikator banyak pengunjung yang melakukan swafoto, artinya mereka ke sini juga bergembira sehingga fungsi rekreasi ini ke depan perlu mendapat perhatian," katanya.

Rangkaian kegiatan GPA selama lima hari, paparnya, berupa pameran, yakni pameran teknologi pertanian, bursa komoditas pertanian unggulan, pameran sarana produksi pertanian, diselenggarakan seminar, sarasehan dan lokakarya, temu dagang, konsultasi perbankan dan lembaga keuangan. "Dalam GPA ini juga ada klinik pertanian organik, temu dan kontak bisnis, serta lomba burung berkicau, merangkai tanaman obat, fotografi, cerdas cermat SMK pertanian, memancing, dan lomba stan," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara