PKB Jateng Janji Rawat Kebhinekaan

Ketua DPW PKB Jawa Tengah K.H. Yusuf Chludori menyerahkan potongan tumpeng peringatan Harlah Ke/20 PKB kepada Ketua PWNU Jateng K.H. Muhammad Muzammil. (Antara/Wisnu Adhi)
29 Juli 2018 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah berkomitmen menjaga dan merawat kebhinekaan serta pluralisme pada pemilihan calon anggota legislatif setempat.

"Komitmen PKB untuk menjaga kebhinekaan itu benar-benar ada, tidak sekadar lips service, ditunjukkan dengan adanya bakal calon anggota legislatif nonmuslim yang maju melalui PKB," kata Ketua DPW PKB Jateng K.H. Yusuf Chludori seusai acara Doa Bersama Anak Yatim Untuk Peringatan Ke-20 Hari Lahir PKB di Kota Semarang, Kamis (26/7/2018) malam.

Dalam kesempatan itu, sekaligus didoakankan pula Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) agar terpilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PWNU Jateng K.H. Muhammad Muzamil, K.H. Muhaiminan Gunardo, K.H. Tadzkir Mansyur, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman, dan kader PKB seperti Hendri Wicaksono serta Muh Zen.

Ia menyebutkan dua caleg nonmuslim yang maju melalui PKB tersebut, satu di antara mereka yang beragama Katolik tercatat berada di Kabupaten Magelang. Sedangkan seorang caleg lain di Kabupaten Jepara beragama Hindu.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yusuf itu, keberadaan bakal caleg nonmuslim tersebut menguntungkan PKB. "Mereka [caleg nonmuslim] yang mendaftarkan diri karena mereka sangat percaya bahwa PKB memang partainya Gus Dur yang akan merawat pluralisme, merawat kebhinekaan," ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Jumat (27/7/2018).

Selain itu, kata Gus Yusuf yang juga pemimpin Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Kabupaten Magelang, dukungan kepada PKB dari teman-teman nonmuslim juga banyak, meskipun mereka tidak maju sebagai bakal caleg.

Gus Yusuf menambahkan, terkait dengan Pilpres 2019, PKB Jateng tetap menyosialisasikan pasangan capres Jokowi-Cak Imin (Join) sampai ke daerah-daerah dengan menggelar doa bersama. "Sebelum ada pengumuman resmi pada 10 Agustus 2018, kami tetap akan sosialisasikan Join hingga ke tingkat DPC," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara