Film Rembulan Tenggelam di Wajahmu Ambil Gambar di Semarang

Penarik becak melintas di Kota Lama, Semarang, Jateng. (Antara/R. Rekotomo)
30 Juli 2018 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Film Rembulan Tenggelam di Wajahmu yang diadaptasi dari novel karya Tere Liye memilih Kota Semarang sebagai lokasi pengambilan gambar dalam proses pembuatannya. Film yang dibintangi Ariyo Wahab, Arifin Putra, Donny Alamsyah, Bio One, dan Anya Geraldine itu mengambil gambar di beberapa lokasi, seperti Kota Lama, Permata Puri Ngaliyan, dan RS Telogorejo Semarang.

Pengambilan gambar dalam proses pembuatan film di Kota Semarang itu bukan pertama kali. Sebelumnya, penggarapan beberapa film, sebut saja Soekarno, Wage, Sang Kiai, dan Kukejar Cinta ke Negeri Cina, juga dilakukan di Kota Semarang. Dalam waktu dekat, film berjudul Bumi Manusia yang diangkat dari buku karya Pramoedya Ananta Toer juga akan memilih Kota Semarang sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar.

Tokopedia

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendukung promosi pariwisata melalui penggarapan film layar lebar yang beberapa kali mengambil lokasi syuting di kota bersemboyan Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat (ATLAS) ini. "Di Vietnam, orang mengenal Halong Bay dari Film Kingkong. Di Inggris, Oxford juga kian dikenal dari Film Harry Potter. Di Semarang, juga bisa seperti itu," katanya di Semarang, Minggu (29/7/2018).

Hendi, sapaan akrab politikus PDI Perjuangan itu senang karena beberapa sudut dan tempat di kotanya dipilih sebagai lokasi pengambilan gambar sejumlah film layar lebar di Indonesia. "Film dengan latar kota, Semarang, tentunya akan menjadi promosi yang baik bagi wisatawan untuk datang. Kami dorong Semarang bisa lebih dikenal melalui film-film yang dibuat di sini," katanya.

Diakuinya, pembuatan setting sebuah film merupakan sesuatu yang tidak murah sehingga pembangunan infrastruktur kawasan wisata di Semarang dengan suasana beragam bisa menjadi pendukung. Bukan hanya kawasan Kota Lama Semarang, kata dia, masih ada Kampung Melayu, Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Hutan Wisata Tinjomoyo, dan kampung-kampung tematik yang bisa jadi pilihan lokasi film.

"Maka bagi seluruh insan perfilman di Indonesia, bahkan luar negeri, kami sangat terbuka dan mendukung seluruh pembuatan film yang dilakukan di Kota Semarang," kata Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara