Assist Bako Bikin HNY Selamatkan PSIS dari Kekalahan

Penyerang PSIS Semarang, Abou Bakr Al-Mel (kiri), saat melakoni laga uji coba dengan Borobudur FC di Magelang, Jumat (27/7 - 2018). (Instagram @psisfcofficial)
30 Juli 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – PSIS Semarang terhindar dari kekalahan saat menjamu PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2018. Dalam laga di Stadion Moch Soebroto, Kota Semarang, Senin (30/7/2018) malam itu PSIS Semarang ditahan imbang PSM Makassar dengan skor 1-1.

Tim berjuluk Mahesa Jenar itu sempat tertinggal lebih dulu dari PSM Makassar lewat gol tendangan jarak jauh Zulham Zamrun pada menit ke-44. Namun, PSIS Semarang mampu menyamakan kedudukan melalui sundulan Hari Nur Yulianto (HNY) pada menit ke-80.

Tokopedia

Gol HNY diawali dari pergerakan penyerang anyar PSIS Semarang, Abou Bakr Al-Mel di sisi kiri pertahanan PSM Makassar. Pemain asal Lebanon yang akrab disapa Bako itu langsung melepas umpan crossing yang mampu dijangkau HNY untuk menciptakan gol ke gawang PSM Makassar yang dijaga M. Syaiful.

Menjamu PSM Makassar, PSIS Semarang sebenarnya tampil cukup impresif. Bahkan pada menit keempat, Mahesa Jenar mampu melesakkan gol ke gawang tim Juku Eja melalui sontekan Bruno Silva.

Namun, gol striker asal Brasil itu tidak disahkan wasit Toriq Alkatiri. Bruno dianggap lebih dulu terjebak offside sebelum melesakkan bola ke gawang PSM Makassar.

Alih-alih melakukan tekanan beruntun, gawang PSIS Semarang yang dijaga Jandia Eka Putra justru kebobolan. Adalah Zulham Zamrun yang mampu menyarangkan gol bagi tim tamu lewat tendangan keras dari luar kotak penalti dengan kaki kiri.

Gol indah Zamrun itu berawal dari set piece yang dilakukan Rizky Pellu di depan kotak penalti PSIS Semarang. Bola hasil tendangan bebas Rizky itu memang mampu ditepis Jandia keluar jauh dari kotak penalti.

Namun, bola yang jatuh di kaki Zamrun langsung disepak dengan hingga meluncur deras ke jala PSIS Semarang. PSM Makassar pun untuk sementara unggul 0-1 dari PSIS Semarang.

Di babak kedua, PSM Makassar kembali memberikan ancaman melalu skema serangan balik yang cepat. Beberapa kali peluang mampu diciptakan PSM Makassar melalui Rizky Pellu, Ferdinand Sinaga, maupun pemain pengganti Guy Junior. Namun, peluang PSM Makassar tak ada yang berbuah hasil.

Pada menit ke-59, Pelatih PSIS Semarang, Vincenzo Alberto Annese, memasukkan Bako menggantikan Bayu Nugroho. Strategi itu berbuah apik hingga PSIS Semarang mampu kembali mengimbangi permainan PSM Makassar.

Pada menit ke-80, PSIS Semarang akhirnya mampu menciptakan gol penyama kedudukan. Gol berawal dari pergerakan Bako di sisi kiri pertahanan PSM Makassar untuk melepas umpan crossing.

HNY yang tak terkawal pun mampu memanfaatkan umpan Bako untuk menciptakan gol. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1 untuk kedua tim. Kedudukan sama kuat ini pun bertahan hingga laga berakhir.

Susunan pemain

PSIS Semarang (4-3-3)

Jandia Eka Putra; Frendi Saputra, Haudi Abdillah, Petar Planic, Akbariansyah; Bayu Nugroho, M. Yunus, Ibrahim Conteh; Hari Nur, Bruno Silva, Komarudin

Cadangan: Joko Ribowo, Gilang Ginarsa, Albi Lanju, Fauzan, Alom, Bako, Aldaier

PSM Makassar (4-3-3)

M. Syaiful (Gk); Steven Paulie, A. Rahman, Zulkifli Syukur, Reva Adi; Marck Klok, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam; Zulham Zamrun, M. Rahmat, Ferdinand Sinaga

Cadangan: Hilman, Hasim Kipuw, Hendra Wijaya, M. Arfan, Guy Junior, Rasyid Bakri, Saldy

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya