Harga Pakan Melambung Ancam Petambak Lele di Kudus

Panen peternak lele. (Distanpangan.com)
31 Juli 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Petambak ikan lele di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hingga kini belum merasakan pengaruh dari kenaikan harga pakan ikan, mengingat masih menggunakan stok pakan ikan dengan harga lama.

"Harga pakan ikan yang terbaru memang naik menjadi Rp304.000 per sak berisi 30 kilogram dari harga sebelumnya Rp299.000 per sak," kata Ketua Pembudidaya Ikan Lele Remaja Asri, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Faruq, di Kudus, Senin (30/7/2018).

Tokopedia

Ia mengatakan kenaikan harga pakan dirasakan sejak dua pekan terakhir. Selain pakan ikan dalam bentuk jadi, kata dia, harga tepung ikan yang biasanya digunakan untuk bahan campuran pembuatan pakan mandiri juga mengalami kenaikan. Sebelum ada kenaikan, katanya, harga jual tepung ikan berkisar Rp70.000/kg. Kini, harga pakan itu naik menjadi Rp90.000/kg.

Meskipun ada kenaikan harga pakan ikan, katanya, hasil panenan ikan lelenya tetap menghasilkan keuntungan. Apalagi, kata dia, harga jual ikan lele di pasaran tengah mengalami kenaikan.

Harga jual ikan lele sebelumnya, kata dia, berkisar Rp15.000/kg hingga Rp16.000/kg, sedangkan saat ini naik menjadi Rp18.000/kg. Kenaikan harga jual ikan lele tersebut, dipicu minimnya pasokan ikan lele dari luar Kabupaten Kudus.

"Saya melihatnya belum terpengaruh oleh kenaikan harga pakan yang disebabkan karena melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," ujarnya.

Ia memperkirakan dampak kenaikan harga pakan ikan bakal mulai dirasakan untuk penebaran benih ikan lele tahap berikutnya yang dimungkinkan bisa ikut mendongkrak harga jual ikan lele di pasaran. Pasalnya, kata dia, saat ini tengah memasuki musim panen yang dimulai sejak bulan Juni 2018.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan Kudus selama tahun 2017, tingkat produksi ikan lele di Kudus mencapai 1.120,78 ton atau 56,04% dari total produksi. Selebihnya, merupakan ikan nila, ikan mas serta ikan bandeng. Daerah penghasil ikan lele terbesar di Kudus adalah Desa Gondosari, Jurang, dan Jekulo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara