Undip Buka Kampus di Batang, Pemkab Hibahkan Lahan 9,5 Ha

Bupati Batang Wihaji menyerahkan surat perjanjian hibah tanah kepada Rektor Undip Semarang Prof. Yos Johan Utama. (Antara/Kutnadi)
01 Agustus 2018 18:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuka kampus di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Perguruan tinggi negeri itu langsung membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk program diploma kehumasan dan perpajakan.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Batang Retno Dwi Irianto di Batang, Rabu (1/8/2018), mengatakan bahwa pendaftaran penerimaan mahasiswa baru pada dua program tersebut dimulai 1 Agustus-21 Agustus 2018. "Nantinya, perkulihan akan dilaksanakan di Batang. Program Pendidikan Kehumasan ini dalam rangka mendorong mempublikasikan dan menyukseskan tahun kunjungan wisata 2022 atau Visit to Batang 2022," katanya.

Tokopedia

Ia yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Undip Semarang ini mengatakan pendaftaran penerimaan siswa di luar kampus utama (PSDKU) rencananya masing-masing prodi menerima 60 calon mahasiswa. Nantinya, kata dia, Pemkab akan melakukan pendampingan untuk mencetak tenaga ahli perpajakan dan kehumasan karena Undip Semarang memahami aparatur sipil negara dan tenaga pendidik agar memiliki kompetensi untuk mengelola perpajakan dan kehumasan.

"Kami optimistis dengan semakin banyak sumber daya manusia (SDM) dan masyarakat yang menguasai kehumasan maka akan ada percepatan informasi, publikasi tentang wisata dan program pemerintah daerah," katanya.

Ia mengatakan semula Undip Semarang akan membuka Fakultas Pertanian dan Peternakan di Batang, tetapi lembaga pendidikan ini lebih mengutamakan asas dan taat terhadap peraturan Kementerian Riset dan PendidikanTinggi. Selain itu, kata dia, keberadaan Fakultas Perikanan dan Peternakan Undip di Batang ini masih pada proses perizinan sehingga belum membuka dua program tersebut.

"Pada kegiatan perkulihan nanti, pemkab sudah menyiapkan gedung bekas Kantor Pertanian Batang dengan sistem pinjam pakai. Pendaftaran mahasiswa baru ini bisa dilakukan melalui daring pada web Undip," katanya.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Batang Triossy Juniarto mengatakan pemkab sudah menghibahkan tanah untuk pembangunan Undip Semarang seluas 9,5 hektare. "Nantinya gedung Fakultas Pertanian dan Peternakan akan dibangun di Desa Tumbrep Kecamatan Bandar. Saat ini, pembangunan gedung Fakultas Peternakan dan Pertanian masih pada tahap perencanaan," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Sumber : Antara