Pemkab dan Pemkot di Jateng Diminta Tak Kuper Tarik Investor

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko. (Antara/Wisnu Adhi)
02 Agustus 2018 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah didorong ramah investasi dan mengenalkan beragam potensi di masing-masing daerah demi menarik minat investor. Ajakan itu dikemukakan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko di Kota Semarang, Jateng, Selasa (31/7/2018).

"Dengan ramah investasi dan promosi yang dilakukan, maka para investor, baik dari dalam maupun luar negeri, tertarik untuk menanamkan modalnya di berbagai bidang usaha," kata Wagub Jateng Heru Sudjatmoko.

Ia menjelaskan, ramah investasi itu meliputi keamanan, penyediaan berbagai fasilitas, infrastruktur, serta sumber energi yang mencukupi, sedangkan potensi daerah yang bisa dikembangkan salah satunya sektor pariwisata. Mantan Bupati Purbalingga itu mencontohkan, potensi alam pedesaan dikembangkan melalui berbagai pendekatan dan cara cerdas atau sesuai yang diminati masyarakat.

Menurut Wagub, apabila dunia usaha termasuk pariwisata dan industri di suatu daerah berkembang, maka akan berdampak pada terbukanya lapangan kerja dan berkurangnya pengangguran. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata dia, pemerintah tidak mungkin mampu bekerja sendirian namun juga butuh peran serta para pengusaha.

"Jangan sampai kabupaten-kota di Jateng kuper sehingga berpikir bahwa dunia usaha itu tidak penting. Kami terus mendorong para kepala daerah ramah investasi," ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Investment Award 2018 dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Antara-Humas Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Investment Award 2018 dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Antara-Humas Pemprov Jateng)

Belum lama ini, Provinsi Jateng dinyatakan sebagai provinsi terbaik se-Indonesia di bidang pelayanan perizinan yang dibuktikan dengan diraihnya Investment Award 2018 oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jateng.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Ruang Nusantara Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 44, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Pemprov Jateng menduduki peringkat pertama dari 10 nomine  penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) terbaik tingkat provinsi, sedangkan peringkat kedua yakni Pemprov Jawa Timur dan peringkat ketiga Pemprov DKI Jakarta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara