Brebes Ekspor 5.600 Ton Bawang Merah ke Thailand

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, dan Bupati Brebes Idza Priyanti mengamati seleksi bawang merah di Brebes, Jateng. (Antara/Kutnadi)
02 Agustus 2018 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BREBES — Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mengekspor 5.600 ton bawang merah ke Thailand. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Brebes, Rabu (1/8/2018), mengatakan bahwa sebanyak 5.600 ton bawang merah asal Brebes telah dikirim ke Thailand, Rabu (1/8/2018).

"Kami merasa bangga dengan keberhasilan Pemkab Brebes yang mampu meningkatkan produksi pertaniannya sehingga bukan hanya mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri tetapi juga mampu melakukan ekspor ke negara lain," katanya.

Tokopedia

Ia mengatakan keberhasilan Kabupaten Brebes melakukan ekspor bawang merah ini artinya Indonesia tidak perlu lagi melakukan impor bawang untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. "Oleh karena itu, untuk menjaga harga dan kesejahteraan petani bawang merah di dalam negeri, khususnya Brebes, kami berjanji tidak lagi ada impor-imporan dan akan menindak tegas siapa saja yang berani mempermainkan petani. yang mau mempermainkan petani, silakan berhadapan dengan saya," katanya.

Menurut dia, Kementerian Pertanian akan terus bekerja sama dengan dinas terkait agar harga bawang merah milik petani tetap terjaga. Saat ini, kata dia, sudah ada lima perusahaan yang dicabut izin usahanya karena terbukti mempermainkan keberadaan para petani bawang merugi.

"Sudah 5 perusahaan yang terbukti melakukan kegiatan yang merugikan petani sudah kami cabut izin usahanya sehingga saat ini tidak lagi yang mempermainkan petani bawang," katanya.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan pemkab mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian yang telah menggelontorkan bantuan pada petani Brebes sehingga mereka dapat meningkatkan produksi pertaniannya. "Melalui bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini, kami berharap para petani makin semangat dan termotivasi untuk memproduksi bawang merah yang lebih baik agar bisa bersaing di pasaran mancanegara," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara