Kota Semarang Jadwalkan Aneka Agenda Wisata Sambut Hari Kemerdekaan

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bermain tenis meja mengawali lomba tenis meja antarkepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Balai Kota Semarang, Jateng, Rabu (1/8 - 2018). (Antara/ Humas Setda Kota Semarang)
02 Agustus 2018 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang bakal menggelar berbagai kegiatan menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Republik Indonesia. Agenda Kota Semarang dalam rangka Hari Kemerdekaan itu dijadwalkan sepanjang Agustus 2018.

"Banyak agenda wisata, seperti lomba lari colour run, sepeda nusantara, dayung tradisional," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Semarang Agus Joko di Kota Semarang, Jateng, Rabu (1/8/2018). Aneka kegiatan bernuansa kompetisi yang didesain menarik wisatawan itu akan digelar Minggu (5/8/2018), bersamaan dengan pembukaan rangkaian kegiatan menyambut HUT Ke-73 RI di halaman Balai Kota Semarang.

Bukan hanya itu, sambung dia, kegiatan yang bersifat hiburan yang masih dalam kaitan even pariwisata juga dijadwalkan untuk memeriahkan Pitulasan di Kota Semarang, seperti Festival Mberock Semarang dan Semarang Indie Festival di Hutan Tinjomoyo Semarang. "Bagi pencinta musik rok, tidak perlu khawatir. Kami siapkan pergelaran Festival Mberock Semarang 2018 dan Semarang Indie Festival di Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang pada 10 Agustus 2018," ujarnya.

Untuk mengangkat budaya tradisional, kata dia, Pemkot Semarang juga bakal menggelar pementasan wayang kulit Jumat kliwon di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang pada 2 Agustus 2018. Menurut dia, masyarakat juga didorong berpartisipasi dengan berbagai perlombaan, seperti lomba poskamling untuk 16 kecamatan pada 15 Juli-15 Agustus 2018, lomba ekonomi kreatif pada 31 Juli-10 Agustus 2018.

"Kemudian, lomba pemilihan pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Kota Semarang pada minggu kedua Juli dan Agustus 2018, lomba kelas ibu hamil tingkat Semarang pada 12 Juli-3 Agustus 2018," katanya.

Masih ada lagi, kata dia, yakni lomba tenis meja antarkepala organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkot Semarang dan lomba pertanian perkotaan yang berlangsung mulai 2-9 Agustus 2018. Ia menyebutkan kalangan pelajar juga difasilitasi melalui lomba karya tulis jurnalistik siswa nasional (6-7 Agustus 2018), lomba Duta Si Cantik (siswa cari jentik) di masing-masing kecamatan.

"Kemudian, lomba desain motif batik, lomba seni baca Alquran, lomba kartun, lomba vocal grup (8 Agustus 2018), lomba story telling, lomba baca puisi, cerpen, dan masih banyak lagi lomba lainnya," kata Agus.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI itu merupakan salah satu wujud penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan. "Mereka [pahlawan] tidak hanya mengorbankan tenaga, tetapi juga pikiran, cucuran darah. Bahkan, nyawa sebagai taruhannya. Karena itu, kita yang hidup di era kemerdekaan harus bisa ikut berjuang," katanya.

Hendi—sapaan akrab wali kota Semarang—mengatakan perjuangan yang bisa dilakukan generasi sekarang ini adalah bisa mengisi pembangunan di Indonesia, khususnya di Semarang sesuai bidang masing-masing. "Namun demikian, peringatan ini jangan hanya dilakukan pemkot saja, melainkan seluruh masyarakat. Saya minta lurah dan camat bisa menggelar rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI," pintanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara