Heru Sudjatmoko Ingin Eksekutif-Legislatif Setara

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko. (ganjarpranowo.blogspot.com)
03 Agustus 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengingatkan perlunya dijaga hubungan yang didasari kesetaraan dan kemitraan antara jajaran eksekutif dengan lembaga legislatif.

Menurutnya, hanya dengan kesetaraan kemitraan itu maka hubungan akan berjalan harmonis dan produktif. "Ini penting agar lebih produktif, hubungan yang diwarnai dengan kesetaraan kemitraan," katanya di Kota Semarang, Jateng, Selasa (31/7/2018).

Oleh karena itu, figur yang bakal mencalonkan diri dalam Pemilu 2019 sebagai anggota DPR selepas masa jabatannya sebagai wagub Jateng berakhir itu  berpendapat bahwa pembahasan tata tertib dewan tetap penting dilakukan karena di dalamnya juga mengatur mengenai hubungan antara lembaga legislatif dan lembaga eksekutif. "Kalangan legislatif maupun eksekutif tentu berharap, ke depan hubungan keduanya bisa semakin serasi, harmonis, dan produktif," ujar mantan bupati Purbalingga itu.

Setelah ditata, selanjutnya yang mesti dilakukan adalah bagaimana cara menjalankan hubungan itu, khususnya dalam menyusun APBD. "Saya melihat proses penyusunan APBD sampai penetapannya itu fungsi-fungsi dewan, bersama-sama, secara simultan menjadi satu. Mulai dari APBD yang tentu harus melalui proses legislasi, jadi APBD itu produk dari fungsi legislasi," katanya.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, APBD yang ditetapkan harus merupakan hasil kompromi dari hasil keterpaduan antara legislatif dan eksekutif. Selain itu, kompromi yang dihasilkan tidak sekadar kompromi dari dua lembaga karena harus ada tujuan untuk memajukan daerah, dan menyejahterakan masyarakat.

"Menjaga supaya pemerintahan betul-betul konsekuen dan konsisten dengan visi dan misinya, sampai akhirnya betul-betul membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi daerah, yang salah satu muaranya membangun sumber daya manusia berkualitas secara berkelanjutan," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara