8.000 Pendekar Setia Hati Jateng Dilantik di Akpol Semarang

Pengurus Perguruan Silat Setia Hati Terate Wilayah Jawa Tengah memberikan penjelasan tentang rencana pelantikan 8.000 siswa sebagai pendekar perguruan tersebut di Kota Semarang, Jateng, Jumat (3/8 - 2018). (Antara/I.C. Senjaya)
03 Agustus 2018 20:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekitar 8.000 siswa Persaudaraan Setia Hati Terate akan dilantik sebagai pendekar setelah lulus ujian tingkat 1. Selanjutnya, mereka resmi menjadi warga peguruan pencak silat itu.

"Akan dilantik serentak di Akpol Semarang pada tanggal 5 Agustus 2018," ungkap Ketua Koordinator Persaudaraan Setia Hati Terate Wilayah Jawa Tengah, AKBP Sapto Yohanis, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018).

Menurut Sapto Yohanis, sekitar 8.000 siswa dari 27 cabang di Jawa Tengah akan berkumpul untuk dilantik secara serentak. Sebelum dilantik, mereka akan memperagakan gerakan senam silat dengan senjata tongkat. Senam silat massal ini akan didaftar sebagai salah satu rekor senam menggunakan senjata tongkat terbanyak di Indonesia.

Sapto Yohanis menjelaskan para calon pendekar ini sudah menjalani pendidikan pencak silat di Setia Hati selama tiga tahun hingga empat tahun. "Rata-rata mereka merupakan pelajar SMA. Siswa yang sudah berusia 16 tahun," kata anggota Polri yang bertugas di Akpol Semarang ini.

Dalam pelantikan kelulusan ini nanti, juga akan dibacakan Ikrar Kebangsaan oleh para siswa. Pemilihan Akpol Semarang sebagai lokasi pelantikan, karena ketersediaan tempat yang luas dan memadai. Selain itu, kata Sapto Yohanis, kegiatan tersebut sekaligus sebagain upaya mengenalkan Akpol Semarang.

"Para siswa ini 'kan rata-rata masih SMA. Dengan mengunjungi Akpol diharapkan bisa memunculkan ketertarikan untuk menjadi polisi nantinya," kata Sapto Yohanis.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara