Semarang 10K Jadi Andalan Pemkot Gaet Wisatawan

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berfoto saat acara jumpa pers Semarang 10K di Gedung Oudetrap, Kota Lama, Semarang, Jumat (3/8 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
04 Agustus 2018 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan mengelar event olahraga marathon bertajuk Semarang 10K pada 16 Desember 2018 mendatang. Agenda ini digadang-gadang tak hanya menjadi ajang pencarian bibit muda dalam olahraga lari, tapi juga menjadi daya tarik wisatawan baik nasional maupun mancanegara.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berharap Semarang 10K bisa menjadi agenda tahunan Kota Semarang. Hal itu dikarenakan ajang ini tak hanya mengusung konsep olahraga, tapi juga sport tourism sehingga peserta akan diajak turut menikmati potensi wisata Kota Semarang.

“Secara prestasi bisa dilihat siapa yang menang? Berasal dari mana? Catatan waktunya berapa? Itu yang kami perlukan untuk pembibitan dan melatih skill pelari. Sedangkan dari sisi pariwisata, peserta dari luar bisa membawa dampak ekonomi bagi Kota Semarang. Seperti di Bali Marathon atau Borobudur Marathon, saat digelar hotel penuh dan jajanan [kuliner] laris,” tutur wali kota yang akrab disapa Hendi itu saat menggelar jumpa pers Semarang 10K di Gedung Oudetrap, Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018) siang.

Semarang 10K ditargetkan diikuti lebih dari 2.000 peserta. Lomba ini akan dibagi dalam dua kategori, yakni umum dan master. Untuk kelompok master, peserta diberikan batasan usia di atas 45 tahun.

Lomba lari ini rencana mengambil rute mulai dari Balai Kota Semarang di Jl. Pemuda–Simpang Lima Semarang–Jl. M.T. Haryono–kawasan Kota Lama dan finish kembali ke Balai Kota. Selama menjalani perlombaan, peserta akan diajak menikmati potensi wisata Kota Semarang, mulai dari Tugu Muda, bangunan Lawang Sewu, lapangan Simpang Lima, hingga bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Lama.

Selain itu, sebelum Semarang 10K digelar, Pemkot Semarang juga berencana menggelar berbagai atraksi kesenian, seperti tarian maupun pertunjukan musik. Pertunjukan itu diselenggarakan demi menarik minat wisatawan untuk turut serta dalam agenda olahraga dan pariwisata tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya