1.919 Calon Haji Semarang Berangkat ke Tanah Suci, Hindari Macet di Islamic Center!

Ilustrasi keluarga melambaikan tangan saat melepas jemaah calon haji. (Antara/Yusuf Nugroho)
04 Agustus 2018 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang memberangkatkan 1.919 calon haji dari Islamic Centre Semarang menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu-Senin (5-6/8/2018). "Rombongan calon haji ini terbagi dalam enam kelompok terbang," terang Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Semarang, Agus Joko, Jumat (3/8/2018).

Kloter yang akan diberangkatkan dari Semarang, kata Agus Joko, yakni Kloter Ke-68, Kloter Ke-69, Kloter Ke-70, Kloter Ke-71, Kloter Ke-72, dan Kloter Ke-73 dengan masing-masing kloter berjumlah 360 calon haji. Keenam kloter itu dijadwalkan berangkat pada waktu berbeda-beda.

Rencananya, lanjut Agus Joko , Kloter Ke-68 akan diberangkatkan Minggu pukul 08.00 WIB, disusul Kloter Ke-69 pukul 10.00 WIB. Sementara itu, Senin akan diberangkatkan empat kloter. "Kloter Ke-70 diberangkatkan pukul 02.00 WIB, Kloter Ke-71 pukul 08.00 WIB, kemudian Kloter Ke-72 pada pukul 12.00 WIB, sementara terakhir Kloter Ke-73 pukul 15.00 WIB," papar Agus Joko.

Melihat padatnya aktivitas di kawasan Islamic Centre Semarang yang berlokasi di Manyaran, Kota Semarang, Agus Joko mengimbau masyarakat untuk menghindari melewati jalur tersebut pada hari Sabtu (4/8/2018) dan Minggu. "Untuk sementara waktu menghindari area pemberangkatan calon haji di Islamic Centre dari arah Jl. Abdurahman Saleh, khususnya pada jam pemberangkatan kloter," kata Agus Joko.

Aktivitas lalu lintas saat pemberangkatan calon haji dialihkan sementara ke Jalan Untung Suropati guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas di kawasan Islamic Centre Semarang. "Apalagi, pada hari kedua, Senin, yang merupakan hari kerja dan sekolah. Saya harapkan masyarakat untuk memahami karena akan ada ribuan orang, baik calon haji maupun pengantarnya," kata Agus Joko.

Di sekitar Islamic Centre Semarang terdapat dua sekolah, yakni SMP Hj. Isriati dan SMP Negeri 19 Semarang, sehingga kemungkinan akan dilakukan penutupan jalan secara situasional. Untuk rute pemberangkatan menuju Embarkasi Adi Soemarmo Solo, kata Agus Joko, rombongan calon haji akan diarahkan melalui Gerbang Tol Manyaran menuju Salatiga hingga Asrama Haji Donohudan Boyolali.

"Pemberangkatan rombongan calon haji ini akan dikawal dan diamankan oleh tim gabungan dari Dinas Perhubungan, satuan polisi pamong praja, kepolisian dari polsek, polres, serta koramil," kata Agus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara