Dompet Dhuafa Jateng Targetkan Himpun Zakat Rp3 M

Lambang Dompet Dhuafa - . (Bisnis)
05 Agustus 2018 05:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dompet Dhuafa Perwakilan Jawa Tengah menargetkan penghimpunan dana zakat sampai dengan Rp3 miliar sepanjang 2018 ini. Angka itu optimistis tercapai mengingat sepanjang semester I tahun 2018 ini, dana yang terkumpul telah tercapai Rp1,2 miliar.

Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Tengah Imam Baihaqi menuturkan dana yang terkumpul dari para muzzaki akan disalurkan ke beberapa program seperti bantuan kepada warga miskin dan pemberian modal untuk berwirausaha. Ini, sebutnya, sesuai dengan program Dompet Dhuafa untuk membantu warga yang kurang mampu.

Tokopedia

"Dana yang terkumpul sampai akhir Juni cukup banyak, sampai Rp1,2 miliar, sudah tersalur sebanyak Rp800 juta, sisanya sekitar Rp400 juta untuk operasional kantor yang ada di Semarang dan Purwokerto dan beberapa program dari Dompet Dhuafa," papar Imam, Jumat (3/8/2018).

Imam menambahkan, sekitar 30% dana zakat yang terkumpul di Dompet Dhuafa didapatkan saat bulan Ramadan. Pasalnya, saat Ramadan, kewajiban masyarakat untuk membayar zakat maupun kesadaran untuk beramal cukup tinggi.

"Bulan Ramadan tahun ini dana yang terkumpul sangat banyak, sekitar 30% dana yang masuk itu saat Ramadan. Namun saat awal bulan, banyak sekali masyarakat, khususnya karyawan swasta yang mensedekahkan sebagian hartanya melalui Dompet Dhuafa," katanya.

Sementara itu, sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, Dompet Dhuafa juga memberikan bantuan berupa modal bagi warga yang ingin berwirausaha di seluruh Jawa Tengah. Menurutnya, sudah 100 desa yang diberi bantuan untuk berwirausaha.

Dikatakan Imam, penerima bantuan dana untuk berwirausaha sampai Juni 2018 lebih dari 500 orang. Dia membeberkan, pemberian bantuan kepada masyarakat untuk berwirausaha, kini berada pada kisaran Rp2 juta-Rp3 juta, tergantung dengan usaha yang mereka geluti. 

"Kami sudah salurkan bantuan ke 100 desa di Jateng. Responsnya sangat positif, banyak dari mereka saat ini sudah mandiri dengan usaha masing-masing, seperti berjualan gorengan, membuat kerajinan tangan, dan beberapa usaha lainnya," katanya.

Lebih lanjut, dia berharap agar penyaluran dana oleh Dompet Dhuafa bisa bermanfaat dan membuat para penerima semakin mandiri dalam berwirausaha.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis