Resmi Dikukuhkan, KIP Jateng Belum Punya Ketua

Upacara pelantikan anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah (Jateng) di Gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, Jumat (3/8 - 2018). (jatengprov.go.id)
05 Agustus 2018 09:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah (Jateng) periode 2018-2022 resmi dikukuhkan, Jumat (3/8/2018). Acara pelantikan dipimpin langsung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang.

Meski telah resmi dilantik, KIP Jateng hingga saat ini masih belum memiliki ketua. Lembaga yang bertugas menjalankan Undang-Undang Keterbukaan Publik itu hingga kini masih melakukan rapat untuk menentukan ketua yang layak memimpin.

Salah seorang Komisioner KIP Jateng, Zainal Abidin, menyebutkan pihaknya sebenarnya sudah menggelar rapat untuk menentukan ketua. Namun, rapat itu hingga kini belum memutuskan siapakah sosok yang tepat memimpin lembaga independen tersebut.

“Kemarin [Kamis, 2 Agustus] sudah ada rapat untuk memilih ketua. Tapi belum menemui hasil alias deadlock. Nanti, dalam waktu dekat ini kami akan gelar rapat lagi,” ujar Zainal saat dijumpai wartawan seusai pelantikan.

KIP Jateng periode 2018-2022 beranggotan lima orang. Selain Zainal yang lebih dikenal karena kiprahnya sebagai Ketua Advokasi Front Pembela Islam (FPI) Jateng, KIP Jateng juga diisi empat tokoh lain, yakni Sosiawan, Wijaya, Slamet Haryanto, dan Handoko Agung Saputro.

Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan keterbukaan informasi tidak berarti harus sepenuhnya terbuka tanpa batas. Namun ada informasi yang tidak boleh disampaikan kepada publik. Oleh karenanya, para komisioner KIP yang baru dilantik diminta memberikan edukasi dan advokasi kepada pemerintah daerah dan masyarakat terkait keterbukaan informasi itu.

“Silahkan untuk para komisioner melakukan penilaian dan kunjungan, sekaligus juga advokasi bagaimana membuka informasi dengan benar dan baik. Tapi kami juga minta rumus, kami minta formula bagaimana menangani mereka yang tidak bertanggung jawab,” tutur Ganjar dalam acara pelantikan itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia