Batang Raih Akreditasi B Uji Berkala Kendaraan Bermotor

Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Batang melakukan peneriksaan berkala kendaraan beromotor. (Antara/Kutnadi)
05 Agustus 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Jawa Tengah meraih akreditasi B dalam pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Kepala Dishub Batang Murdiono di Batang, Rabu, mengatakan bahwa sertifikat akreditasi B pada Dishub Batang ini tertuang Surat Keputusan 2630/AJ.402DRJD/2018 tanggal 25 April 2018 Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. "Sebanyak 41 kabupaten dari 450 kabupaten/kota se- Indonesia ini, salah satunya diraih oleh Dishub Batang. Selain Dishub Batang, sertifikat akreditasi B juga di raih Kabupaten Pemalang dan Kota Tegal," katanya.

Ia mengatakan bagi kabupaten/kota yang belum meraih akreditasi B maka pengujian berkala kendaraan bermotor harus dilaksanakan yang sudah menerima sertifikat akreditasi. "Dari dampak tersebut maka kabupaten/kota yang belum menerima akreditasi B tidak boleh melakukan pengujian. Mulai per 1 Agustus 2018 kami harus siap menerima pelimpahan uji berkala kendaraan bermotor dari daerah lain," katanya.

Selain itu, kata dia, pelimpahan uji berkala kendaraan bermotor ini maka akan berdampak pada kenaikan retribusi dari uji kelaikan. "Kendati demikian, disis lain kami mengalami kendala pada penerimaan pelimpahan karena buku uji, plat uji terbatas, stiker, dan sumber daya manusia [SDM] pengujianya yang terbatas," katanya.

Ia mengatakan dishub mampu menerima uji kendaraan sekitar 40 kendaraan per hari. Akan tetapi setelah mendapat pelimpahan uji berkala dari daerah lain maka dapat mencapai 100 kendaraan. "Bagi masyarakat daerah lain untuk melakukan uji berkala kendaraan bermoto makar harus menyerahkan surat rekomendasi dari dishub setempat. Hal ini agar kendaraan tersebut tercatat di dishub setempat," kata Murdiono didampingi Sekertaris Dishub Hanung Pajanto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara