RSIA Kusuma Pradja Ajak Anak Balita Semarang Lomba Fotogenik

Peserta berpose di depan kamera dalam Lomba Fotogenik yang digelar Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kusuma Pradja Semarang, Minggu (5/8 - 2018). (Antara/Zuhdiar Laeis)
06 Agustus 2018 16:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kusuma Pradja Semarang, Minggu (5/8/2018), menggelar Lomba Fotogenik yang diikuti 49 anak berusia di bawah lima tahun (balita).

Sembari menunggu antrean, satu per satu peserta memasuki ruangan yang berisi beragam properti fotografi dan tentu saja ada seorang fotografer berikut kameranya siap membidik mereka dengan berbagai gaya. Ada yang berpose cantik dengan senyum centil, ada yang memakai kostum lucu, namun ada juga yang memasang muka datar ketika difoto. Sementara itu, orang tua mereka terlihat sibuk mengarahkan gaya foto kepada sang anak.

Tokopedia

Direktur RSIA Kusuma Pradja Semarang Dokter Makmur Santosa, MARS menjelaskan lomba fotogenik itu merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 RSIA Kusuma Pradja Semarang. Latar belakang penyelenggaraan lomba fotogenik anak balita itu, diakuinya, sebenarnya untuk mendorong perhatian kalangan orang tua terhadap proses tumbuh kembang bocah-bocah mereka dalam kesehariannya.

"Bagaimana perhatian orang tua terhadap tumbuh kembang bocah-bocah mereka, terhadap kesehatannya. Kami ingin mengingatkan apakah mereka sudah memberikan perhatian terhadap kegiatan sehari-harinya," katanya.

Menurut dia, saat masa tumbuh kembang anak ada beberapa aspek perlu diperhatikan, seperti kebersihan secara umum, pemenuhan gizi, pendidikan, kebutuhan psikologis agar mereka merasa terayomi dan terlindungi. "Dari foto-foto anak mereka ini, orang tua kan juga bisa melihat. Kami melihat secara umum sebenarnya perhatian orang tua sudah bagus, tetapi memang perlu diperkuat dan dioptimalkan lagi," katanya.

Seiring dengan HUT ke-25, kata dia, RSIA Kusuma Pradja Semarang terus memperkuat jajaran internal dan menyempurnakan fasilitas yang dimiliki untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. "Terutama petugas-petugas kesehatan, kemampuannya kami makin tingkatkan, fasilitas yang ada disempurnakan. Misalnya, sekarang ini pemeriksaan laboratorium tidak perlu naik ke lantai dua, dan sebagainya," katanya.

Makmur menyebutkan RSIA Kusuma Pradja Semarang sekarang ini diperkuat oleh lima dokter spesialis kebidanan, lima dokter spesialis anak, satu dokter penyakit dalam, enam dokter umum, dan dua dokter anestesi. Sementara itu, Ketua Panitia HUT Ke-25 RSIA Kusuma Pradja Semarang Dokter Wahyu Nursetiawan menjelaskan beragam kegiatan digelar untuk memperingati hari jadi RS yang berlokasi di Jalan Bugangan Nomor 3-5 Semarang itu.

"Lomba fotogenik ini pertama, dilanjutkan gathering karyawan pada 10-11 Agustus 2018, pas HUT-nya 16 Agustus 2018 ada tasyakuran, kemudian 1 September seminar tentang HIV pada ibu hamil dan kontrasepsi," jelasnya.

Untuk lomba fotogenik balita, kata Manager Umum dan Keuangan RSIA Kusuma Pradja Semarang itu, berlangsung gratis diikuti 49 peserta setelah diseleksi kelengkapan persyaratannya dari total 70 peserta yang mendaftar. "Ada beberapa aspek yang dinilai, yakni ekspresi wajah, pose, dan penampilan. Untuk aspek penampilan, meliputi kesehatan, kostum atau baju, dan kebersihan," kata pria yang akrab disapa Dokter Wawan itu.

Penilaiannya, jamin Dokter Wawan, dilakukan secara objektif dan transparan oleh tim juri yang terdiri atas Prof. Siti Fatimah Muis, dokter S. R. Subandini, dan dokter Lubena.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara