Lombok Gempa Bumi, Jateng Stand By Membantu

Wisatawan asing menyeret koper pascagempa di Kecamatan Pemenang,Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8 - 2018). (Antara/Ahmad Subaidi)
06 Agustus 2018 18:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap membantu penanganan bencana setelah terjadinya gempa bumi berkekuatan 7 skala Ricther di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) malam.

"Kalau diminta, kita siap membantu, semua elemen di Jateng sudah stand by," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Senin (6/8/2018).

Tokopedia

Secara khusus, ia menyampaikan turut berduka cita atas bencana alam yang menewaskan puluhan orang serta kerusakan berbagai bangunan di Lombok. Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan selain personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang siap diperbantukan ke Lombok, bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut juga segera dikirim untuk para korban gempa bumi.

"Bantuan untuk korban yang terkena dampak dari gempa bumi di Lombok akan dikirimkan sore ini," ujarnya.

Menurut Ganjar, gempa bumi di Lombok menjadi pelajaran bagi masyarakat Jateng yang juga sering mengalami berbagai bencana alam, terutama dalam membangun rumah atau bangunan yang harus memperhitungkan potensi bencana di daerah tersebut. "Ini penting bagi kita karena sering terjadi kebencanaan di Jateng, perlu ada pelatihan kebencanaan bagi masyarakat agar ada potensi pengurangan risiko bencana," katanya.

Gempa bumi berkekuatan 7 SR di Lombok Utara, Provinsi NTB, Minggu malam, yang berpusat di koordinat 8,37 lintang selatan dan 116,48 bujur timur dengan kedalaman 15 km itu mengakibatkan 91 orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka. Banyak bangunan pun rusak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara