Bantuan Jateng untuk Lombok Terbang Malam Ini

Petugas BPBD Jateng mengecek bantuan logistik untuk dikirimke lokasi bencana. (Antara/Wisnu Adhi)
06 Agustus 2018 20:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah berencana memberangkatkan bantuan logistik dan personel untuk penanggulangan gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/8/2018) malam ini.

Bantuan logistik dan personel untuk korban bencana alam dari Pemerintah Provinsi Jateng itu akan diangkut pesawat terbang mengingat kondisi darurat Lombok. "Bantuan logistik dan personel akan dikirim nanti malam melalui jalur udara, kalau lewat darat kelamaan, kita butuh respon cepat," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng, Sarwa Pramana, di Kota Semarang.

Terkait dengan rencana pengiriman bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok itu, Sarwa berharap ada kemudahan akses dari PT Angkasa Pura I dalam mengangkut bantuan logistik dan 25 personel BPBD tersebut. Ia menyebutkan bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok dari Pemprov Jateng berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut.

Selain itu ada bantuan untuk anak-anak sekolah, seperti seragam dan alat tulis. "Personel dari Jateng diharapkan bisa banyak membantu di lokasi gempa, salah satunya untuk pembangunan tenda darurat dan dapur umum di sana," ujarnya di sela-sela pengepakan bantuan di kantor BPBD Jateng.

Sarwa juga berharap bantuan yang nilainya tidak seberapa ini bisa menggugah masyarakat di dunia usaha agar ikut membantu meringankan beban para korban gempa bumi di Lombok. Seperti diwartakan, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter di Lombok Utara, Provinsi NTB, Minggu (5/8/2018) malam.

Gempa bumi yang berpusat di 8.37 lintang selatan dan 116.48 bujur timur pada kedalaman 15 km itu mengakibatkan 91 orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka. Tak sedikit pula bangunan yang rusak akibat guncangan hempa bumi itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara