Tahun Ini, Undip Tampung 11.381 Mahasiswa Baru

Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, saat mengukuhkan mahasiswa baru Undip di Stadion Undip, Kampus Tembalang, Semarang, Jateng, Senin (6/8 - 2018). (Semarangpos,com/ Humas Undip)
07 Agustus 2018 08:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 11.381 mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) Semarang resmi dikukuhkan dalam upacara yang digelar di Stadion Undip, Kampus Tembalang, Kota Semarang, jawa Tengah, Senin (6/8/2018).

Ke-11.381 mahasiswa baru itu terdiri dari 140 mahasiswa program studi (prodi) doktor (S3), 964 orang prodi S2 (magister), 142 orang program spesialis, 16 orang program profesi, 8.293 orang program S1 (sarjana) dan 1.896 program vokasi (D3).

Tokopedia

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama menyebutkan kampusnya bukan hanya menerima mahasiswa yang berkemampuan ekonomi baik. Undip juga melayani mahasiswa kurang mampu dari segi ekonomi sekitar 20% dari total mahasiswa yang diterima.

“Tahun ini ada lebih dari 1.000 mahasiswa [kurang mampu] yang diterima Undip, baik melalui program Bidikmisi mau pun penetapan UKT [uang kuliah tunggal] kelompok 1, 2, dan 3,” ujar Rektor Undip.

Dalam kesempatan itu, Yos juga mengatakan bahwa Undip merupakan Indonesia karena mahasiswanya berasal dari segenap suku bangsa di Indonesia. “Ada dari Sabang sampai Merauke. Walau pun berbeda-beda suku bangsa, kalian dipersatukan Undip menjadi satu. Undip tidak ada semangat kesukuan, karena kita semua adalah insan yang cinta NKRI dan dipersatukan sebagai rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Rektor menambahkan di Undip tidak boleh ada paham radikalisme, kesukuan,ras, dan lain-lain yang menyimpang dari Panacasila. “Mari kita kembangkan dan laksanakan paham-paham Undip yakni paham kerja keras, paham kejujuran, paham tertib waktu, paham toleransi, paham kasih sayang, dan paham inovasi,” imbuh Rektor.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya