Jelang Hari Raya Kurban, Sapi Pemakan Sampah Berkeliaran di Jatibarang

Beberapa ekor sapi berkeliaran dan mengonsumsi sampah di TPA Jatibarang, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Senin (6/8 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
07 Agustus 2018 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Menjelang perayaan Hari Raya Iduladha, masih banyak sapi pemakan sampah berkeliaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang. 

Pantauan Semarangpos.com di TPA Jatibarang, Senin (6/8/2018), puluhan ekor sapi itu terlihat berkeliaran di lokasi pembuangan akhir sampah. Sapi-sapi itu bahkan mencari makanan dari tumpukan sampah.

Ada kemungkinan sapi itu memang sengaja dibiarkan berkeliaran di TPA Jatibarang. Hal itu terlihat dari banyaknya kandang sapi yang berada di lokasi tempat pembuangan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Muthohar, meminta masyarakat mewaspadai peredaran sapi pemakan sampah yang dijadikan hewan kurban saat Iduladha 1439 H. Ia bahkan menduga ada kemungkinan sapi pemakan sampah yang dilepasliarkan di area TPA Jatibarang dijual untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban.

"Kami sebenarnya sudah sejak jauh-jauh memperingatkan kepada pemilik ternak di Jatibarang untuk tidak memperjualbelikan sapi-sapi yang dilepasliarkan di sana. Sebab, daging sapinya bisa mengandung timbal yang membahayakan kesehatan manusia. Yang mengonsumsi bisa mengalami gangguan pencernaan dan penyakit," ujar Muthohar saat dihubungi Semarangpos.com, Senin.

Muthohar menyayangkan ulah warga Kampung Bamban Kerep dan sekitar yang masih nekat melepasliarkan hewan ternak di TPA Jatibarang. "Berulang kali dilarang tapi enggak pernah digubris. Mendekati perayaan Iduladha nanti kita akan dirikan posko di sana untuk memperketat pengawasan terhadap sapi ternak milik warga," tutur Muthohar.

Sementara itu, seorang petugas TPA Jatibarang, Jono membantah sapi-sapi yang berkeliaran di lokasi pembuangan sampah itu bakal dijual sebagai hewan kurban. Ia bahkan mengaku tak ada pemilik sapi di TPA Jatibarang yang menjual hewan untuk daging korban Iduladha.

"Enggak ada. Kayaknya sudah enggak ada lagi sapi di sini yang makan sampah. Kita sudah larang kok," aku Jono saat dijumpai wartawan di Kantor UPT TPA Jatibarang, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Senin siang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya