Pemkab Jepara dan UIN Sunan Kalijaga Kerja Sama Kembangan Sumber Daya

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyerahkan plakat kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Waryono Abdul Ghofur, Selasa (7/8 - 2018). (Antara/Humas Pemkab Jepara)
08 Agustus 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, JEPARA — Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menjajaki kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta dalam mengembangkan sumber daya daerah setempat.

"Jika UIN Sunan Kalijaga memang tertarik untuk bekerja sama dengan Pemkab Jepara, kami berharap segera ditindaklanjuti oleh organisasi perangkat daerah [OPD] terkait," kata Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat menerima pengurus Ikatan Keluarga Alumni Sunan Kalijaga (Ikasuka) Jepara, Selasa (7/8/2018).

Menurut dia dalam pengembangan daerah memang membutuhkan kerja sama dengan perguruan tinggi. Dengan adanya kerja sama tersebut, kata dia, pemda tentunya menginginkan adanya perubahan dalam hal kinerjanya bisa berjalan dengan maksimal.

"Tentunya hal ini dalam rangka untuk meningkatakan kebaikan dan kemajuan daerah, diantaranya adalah perhatian terhadap pendidikan karakter," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Waryono Abdul Ghofur mengungkapkan UIN siap membantu Pemkab Jepara dalam mengembangkan sumber daya daerah dan sumber daya kampus melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Di antaranya, pengembangan di bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerja sama yang terjalin dengan pemda selama ini, kata dia, terkait dengan program kuliah kerja nyata (KKN) serta program beasiswa pelajar dari daerah setempat untuk kuliah di Yogyakarta.

Apabila wacana kerja sama direalisasikan, katanya, akan dilakukan kesepakatan bersama untuk mengoptimalkan potensi sumber daya dari kedua belah pihak dalam membangun program dan kegiatan sesuai dengan tugas pokok, fungsi, dan wewenang masing-masing.

"Harapannya tentu agar bisa dicapai kemajuan bersama," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Jepara juga menjalin kerja sama dengan Universitas Muria Kudus (UMK) di bidang pemberdayaan masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara